Berbagai Peluang Lulusan SMK, Ternyata Banyak Lho!

Oleh: Apriliyadi · Senin, 30 Desember 2019 17.25 · 562

Bagikan

Kamu anak SMK dan baru saja lulus sekolah tapi masih bingung setelah ini mau melangkah kemana? Jika itu yang kamu pikirkan, maka kamu termasuk dari banyak lulusan SMK di luar sana yang berpikiran seperti itu. Banyak sekali lulusan SMK yang menganggur (berdasarkan Badan Pusat Statisik Nasional) atau masih bingung ingin melanjutkan kemana, bekerja atau lanjut kuliah atau lanjut ke opsi lainnya.

Jika kamu adalah siswa SMK dan masih bingung dengan apa yang akan kamu lakukan saat sudah lulus nanti, Game Lab punya beberapa opsi untuk kalian setelah lulus dari SMK nantinya. Langsung saja kita ulai dari opsi yang pertama, yang bisa kalian lakukan setelah lulus SMK adalah sebagai berikut ini :

Bekerja sebagai pegawai swasta

"three people sitting in front of table laughing together" Photo by Brooke Cagle on Unsplash

 

Opsi yang pertama yang bisa kalian pilih adalah bekerja sebagai pegawai. Ya, bekerja sebagai pegawai atau karyawan adalah kalian ikut bekerja pada sebuah perusahaan yang bukan dari pemerintah. Bekerja sebagai pegawai swasta tentunya sedikit berbeda dengan pekerjaan sebagai pegawai negeri maupun pekerjaan lainnya. Beberapa kelebihan dari bekerja swasta dibandingkan dengan pekerjaan lainnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Gaji lebih besar
    Berbeda dengan pegawai negeri yang sistem gajinya sudah di atur oleh Pemerintah, menjadi seorang pegawai swasta kalian bebas bernegosiasi gaji sesuai dengan kinerja dan kemampuan yang kalian miliki. Kalian bahkan bisa memiliki gaji 3X lebih besar dibandingkan dengan pegawai negeri meskipun sama-sama masih fresh graduate.
  2. Mudah mengembangkan diri
    Sebagai pegawai swasta, tentunya memiliki kebijakan dari perusahaannya masing-masing. Kebijakan perusahaan dalam mengumpulkan keuntungan yang sebesar-besarnya ini maka akan memberikan kebebasan kepada pegawainya untu berkarya dan meningkatkan skill atau kemampuannya untuk mencapai target tersebut.
  3. Lebih baik dalam memanjemen waktu
    Seorang pegawai swasta biasanya dituntut untuk menyelesaikan pekerjaanya sesuai dengan deadline yang sudah disepakati dan tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada jumlah gaji yang akan didapatnya pada jenjang waktu tersebut. Sehingga membuat seorang pegawai swasta harus pandai-pandai dalam memanajemen waktunya agar pekerjaannya selesai tepat waktu.
  4. Cepat Naik Pangkat
    Meskipun pegawai negeri menawarkan jenjang karir yang jelas tapi tidaklah mudah untuk bisa naik kelas. Pasalnya harus memenuhi berbagai prosedur yang ada. Jika di Pegawai swasta jenjang karir mungkin berbeda-beda tiap perusahaan dan bidang pekerjaan, tapi jika seorang pegawai swasta mampu memberikan kinerja yang positif dan progresif, biasanya akan dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

Pekerjaan sebagai pegawai swasta dapat dibedakan menjadi dua menurut lokasinya, yaitu bekerja secara onsite dan bekerja secara remote. Bekerja secara onsite misalnya adalah pekerja pabrik atau pegawai restoran, sedangkan pegawai remote biasanya bisa ditemu pada industri digital yang mengedepankan produk-produk digital.

Bekerja onsite

Bekerja secara onsite disini pegawai bekerja langsung di tempat atau perusahaan. Bekerja secara langsung pada suatu tempat secara bersamaan sehingga antar pegawai dapat terjadi interaksi secara langsung. Bekerja secara onsite ini yang banyak dilakukan di Indonesia saat ini. Bekerja di suatu pabrik bisa menjadi salah satu contoh yang bisa ditemukan dengan mudah saat ini. Para pekerja di pabrik berkumpul dalam suatu ruangan dan bekerja secara bersama-sama sehingga dapat menimbulkan interaksi secara langsung diantara pegawainya.

Saat bekerja secara onsite kita dapat bertemu langsung dan berinteraksi dengan sesama pegawai, alat dan infrastruktur disediakan oleh perusahaan sehingga kita tidak perlu menyiapkannya. Namun bekerja secara onsite juga memiliki kekurangan seperti waktu bekerja yang tidak fleksibel, untuk pegawai dari luar daerah harus kost atau tinggal di mess

Tips : Manfaatkan bekerja secara onsite untuk mencari pengalaman dan 

Bekerja secara Remote

Kerja remote atau Remote Worker bisa secara mudah diartikan sebagai bekerja secara jarak jauh dari manapun. Para pekerja remote biasanya tidak berada pada suatu tempat atau ruangan yang sama dengan pegawai lainnya, bahkan berbeda kota maupun negara. Bekerja secara remote saat ini sudah banyak dilakukan di Amerika Serikat atau negara-negara maju lainnya. Di negara Amerika Serikat diperkirakan akan mencapai 51% pada tahun 2020. Bagaimana dengan di Indonesia? 


"man sitting on chair and looking laptop computer" Photo by Annie Spratt on Unsplash

 

Di Indonesia saat ini sendiri, sudah mulai banyak perusahaan yang menerapkan sisitem kerja ini. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang industri digital biasanya akan  menerapkan sistem ini untuk pegawainya yang berada di luar kota atau pulau untuk mempersingkat waktu dan biaya. 

Bekerja secara remote tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti pada sistem kerja secara onsite. Untuk kelebihan dari bekerja secara remote adalah waktu bekerja yang fleksibel, dapat memilih tempat kerja senyaman mungkin, dapat lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga, dapat lebih berhemat dan memiliki kesempatan menabung labih besar. Lalu apa kekurangan dari bekerja secara remote? Bekerja secara remote sangat rentan akan hilangnya fokus bekerja dan sikap yang kurang disiplin dapat mempengaruhi kinerja karena tidak ada pengawasan dari atasan secara langsung. Untuk itu penting bagi pekerja remote untuk mengetahui bagaimana membangun disiplin saat bekerja secara remote.

Tips : Bagi kalian yang memilih bekerja secara remote, mulailah membiasakan diri untuk belajar berinteraksi secara online. Karena berinteraksi secara online dan langsung akan terasa sedikit berbeda jika tidak terbiasa. Simaklah dengan seksama brief yang dikirimkan oleh perusahaanmu dan segeralah bertanya jika ada bagian yang kurang jelas.

 

Mendirikan usaha milik sendiri

Selain bekerja pada perusahaan swasta, lulusan SMK juga dapat mendirikan sebuah usaha sendiri lho. Usaha milik sendiri ini dapat di bagi menjadi 2 yaitu usaha secara digital atau online (freelance) dan mendirikan perusahaan secara onsite. Tentunya masing-masing dari kedua opsi tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Siswa lulusan SMK dapat menentukan opsi yang lebih tepat untuk dirinya dengan melihat peluang dan kemampuannya. 

Bekerja Sebagai Freelance

Bekerja sebagai freelance merupakan salah satu opsi yang dapat lulusan SMK pilih sebagai penghasil pundi-pundi uang. Pekerjaan freelance sama sekali tidak terikat oleh suatu badan usaha atau perusahaan, hanya terikat kontrak antara client dan freelancer, setelah kontrak atau project selesai maka sudah tidak ada ikatan lagi diantara client dan freelancer.

"woman using computer sitting on black chair" Photo by Bonnie Kittle on Unsplash

"woman using computer sitting on black chair" Photo by Bonnie Kittle on Unsplash

Pekerjaan freelance ini tentunya sangat banyak diminati oleh para milenial saat ini. Bagaimana tidak? Cukup bekerja dari rumah sudah dapat menghasilkan pundi-pundi uang bahkan tidak sedikit yang menghasilkan dollar dari bekerja menjadi freelance. Itu tadi salah satu kelebihan dari menjadi seorang freelancer, lalu apakah kekurangannya? 

Tentunya menjadi seorang freelancer harus bertanggung jawab penuh pada project yang ia dapatkan, mulai dari mencari client hingga projek selesai. Tidak jarang seorang freelancer tidak mendapatkan client selama berbulan-bulan karena kurangnya pengalaman dan branding yang ia ciptakan. Sehingga bekerja sebagai seorang freelancer juga harus memiliki banyak portofolio dan juga dapat membranding diri dengan baik.

Tips : Lakukan riset pasar sesuai dengan bidang keahlian kalian. Manfaatkan sosial media untuk menunjukkan kemampuanmu, gunakan untuk mencari projek atau client untuk menaikkan branding kalian.

Mendirikan sebuah perusahaan

Mendirikan sebuah perusahaan bisa berupa perusahaan berbasis digital maupun berbasis non digital. Untuk perusahaan berbasis digital misalnya mendirikan studio game atau mendirikan studio animasi (produk berupa digital). Sedangkan untuk perusahaan non digital contohnya mendirikan cafe, membuat sebuah toko baju (produk berupa barang).
"three men sitting on chair beside tables" Photo by Austin Distel on Unsplash

"three men sitting on chair beside tables" Photo by Austin Distel on Unsplash

Mendirikan sebuah perusahaan atau berwirasasta memang selain mengandalkan kemampuan kita dalam membuat produk namun juga harus melibatkan kemampuan kita dalam mempromosikan bisnis yang sedang kita jalankan. Selain itu untuk mendirikan sebuah usaha atau bisnis juga membutuhkan modal yang tidak sedikit serta kerja keras yang harus dibangun. Seperti bekerja freelance, mendirikan sebuah perusahaan juga mengharuskan kalian harus pintar-pintar melihat pasar dan mengambil kesempatan yang ada. 

Tips : Sebagai seorang yang akan mendirikan sebuah perusahaan, kalian haruslah pintar melihat market dan trend kedepan yang akan booming seperti apa dan kombinasikan ke dalam produk kalian. Buatlah produk yang out of the box untuk menarik perhatian pelanggan kalian.


Kuliah untuk mengasah ilmu

apakah ada opsi lain untuk anak SMK selain bekerja setelah lulus kulih? Tentu saja jawabannya ada. Buat kalian yang baru saja lulus SMK dan belum ingin bekerja karena masih ingin mengasah skill dan pengalaman, kalian bisa coba untuk mengikuti kuliah. Ambillah jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan kalian, jangan mengambil jurusan lain atau jurusan yang tidak ada hubungannya dengan kompetensi kalian saat di SMK. Karena jika kalian mengambil jurusa yang berbeda atau tidak berhubungan dengan jurusan kalian saat di SMK, maka kalian harus belajar lagi dari awal. 

Untuk pilihan kuliah sendiri tentunya sangat banyak sekali, mengingat sangat jumlah perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak, bahkan hampir di seluruh kota di Indonesia terdapat 1 perguruan tinggi. Selain kuliah di dalam negeri, kalian juga bisa lho kuliah di luar negeri. Jangan khawatir dengan biayanya, karena kalian bisa manfaatkan beasiswa dari pemerintah maupun dari yayasan atau lembaga beasiswa lainnya.

Kuliah di dalam negeri

Sebelum membahas lebih jau tentang kuliah dalamnegeri, ada beberapa hal yang harus kalian tentukan sebelumnya, yaitu ingin mendaftar di perguruan tinggi apa? Perguruan Tinggi Negeri, Pergururan Tinggi Swasta, Perguruan Tinggi Kedinasan, Poloteknik, Akademi atau Sekolah Tinggi lainnya.

Berdasarkan pengalaman beberapa tahun ini, untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA /SMK / Sederajat lainnya lebih memiliki antusias tinggi untuk mendaftarkan diri masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Untuk pendaftaran ke perguruan Tinggi Negeri ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa dipilih yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPMB, atau Jalur Mandiri PTN.

Tips : Bagi kalian yang kurang mampu secara ekonomi, bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa bidikmisi yang dilakukan oleh pemerintah. Adapun beasiswa lainnya baik dari pemerintah maupun dari yayasan lainnya yang bisa kalian daftar.
"graduates in front of building" Photo by lucas law on Unsplash

 

Kuliah di luar negeri

Selain perguruan tinggi dalam negeri, ada pula perguruan tinggi di luar negeri yang bisa kalian coba daftarkan sesuai dengan jurusan dan minat kalian. Banyak sekali beasiswa untuk lulusan SMK dan sederajat untuk kuliah di luar negeri. Pemerintah juga ikut andil dalam program beasiswa tersebut. Beberapa beasiswa luar negeri juga merupakan kerjasama antar apemerintah Indonesia dengan pemerintah negara pemberi beasiswa tersebut berada. Adapun beberapa beasiswa luar negeri untuk tahun 2020 - 2021 yang kami kumpulkan dari situs INDBeasiswa :

  1. Australia Scholarship: Kuliah S1, S2, S3 di Macquarie University
    Penyelenggara: Macquarie University
    Deadline: 11 DESEMBER 2019 (Session 1) dan 9 JUNI 2020 (Session 2)
    Info Selengkapnya: bit.ly/beasiswamq
  2. Beasiswa Kuliah S1 di Kanada oleh University of Toronto
    Penyelenggara: University of Toronto
    Deadline: 15 Januari 2020
    Info Selengkapnya: bit.ly/beasiswakanada
  3. Beasiswa S1 Selandia Baru University of Canterbury
    Penyelenggara: University of Canterbury, Selandia Baru
    Deadline: 31 MARET 2020
    Info Selengkapnya: bit.ly/canterbury2020
  4. Beasiswa di Belanda Program S1 – S2 oleh Holland Scholarship
    Penyelenggara: Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda bekerjasama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan di Belanda
    Deadline: 1 MEI 2020
    Info Selengkapnya: bit.ly/beasiswaholland

Jadi Pegawai PNS dong

Opsi terakhir di artikel ini adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Ya, PNS menjadi salah satu opsi pekerjaan yang banyak dimintai dari sekian banyak pilihan pekerjaan yang sebelumnya telah disebutkan dalam artikel ini. Mayoritas masyarakat di Indonesia masih banyak yang memilih opsi sebagai PNS sebagai pilihan pekerjaan utamanya. Tentu saja alasannya pun bermacam-macam, seperti ingin mendapatkan pendapatan yang tetap, terjamin hidupnya (mendapatkan dana pensiun), jenjang karir yang jelas, pekerjaan ringan, dll.
Photby Alinea.id

Photby Alinea.id

Tentu saja dari sekian banyak masyarakat di Indonesia yang memilih untuk melamar menjadi PNS memiliki sumber keinginan yang bervariatif, mulai dari keinginan diri sendiri, keinginan orang tua apalagi jika kedua orang tuanya bekerja sebagai PNS juga, bahkan keinginan dari calon mertuanya. Terkadang pikiran atau pendapat tentang menjadi pegawai negeri adalah pilihan yang paling baik dan bisa membuat kehidupan terjamin dan sejahtera masih menjadi banyak pemikiran dari masyarakata di Indonesia. 

Lalu apa saja kelebihan dari menjadi pegarai negeri ini, mengapa banyak dari masyarakat di Indonesia sangat ingin sekali menjadi salah satu abdi negara ini hingga berbondong-bondong mendaftarkan diri setiap tahunnya?

  1. Gaji tetap dan jelas
    Kelebihan pertaman menjadi seorang pegawai negeri tentunya adalah gaji tetap yang didapatnya setiap bulan. Pegawai negeri tidak perlu khawatir dengan gajinya setiap bulan, karena gaji yang didapatnya tetap dan sangat jelas setiap bulannya.
  2. Dapat tunjangan hari tua
    Salah satu kelebihan dari pegawai negeri adalah mendapatkan dana tunjangan di hari tua. Disaat tua dan sudah tidak dapat bekerja lagi, seorang mantan pegawai negeri masih akan di "gaji" oleh pemerintahnya. Tentu saja sebagai bentuk hasil dari pengabdiannya kepada pemerintah, seorang pegawai negeri mendapatkan tunjangan di hari tua dari pemerintah.
  3. Waktu luang banyak
    Beberapa pegawai negeri memiliki jam kerja selama 5 dalam seminggu dan bahkan per hari tidak sampai 8 jam kerja, misalnya saja guru. Hal itu tentunya membuat pegawai negeri memiliki waktu luang yang lebih banyak di bandingkan dengan pegawai lainnya.
  4. Pengabdian untuk negara
    Pegawai negeri adalah pelayan masyarakat. Karena mayoritas job desc PNS berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Sehingga ini menjadi kepuasan tersendiri bekerja sebagai Pegawai negeri.
  5. Jenjang karier jelas
    menjadi pegawai negeri juga memiliki jenjang karier yang jelas, dimana untuk aturan kenaikan pangkat PNS juga sudah jelas dan ada aturannya.

Tips : Kalian bisa coba masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang ada ikatan dengan lembaga pemerintah / kementrian sebagai penyelenggara pendidikan. PTK berbeda dengan PTN, di PTK mahasiswa akan kuliah dan setelah lulus dapat langsung bekerja bahkan langsung menjadi PNS.

Sumber:www.gamelab.id

Bagikan

#PetuahPetuah

Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur)