Percepatan Pencairan Dana PIP SMK Tahun 2019

Oleh: Azis Putra WIjaya · Jumat, 15 November 2019 15.20 · 2.719

Bagikan

Direktorat PSMK mengadakan kegiatan percepatan pencairan dana PIP tahun 2018 dan 2019 pada wilayah-wilayah yang dinilai belum tuntas dalam mencairkan dana PIP. Kegiatan ini dilakukan selain untuk mempercepat pencairan dana PIP SMK namun juga untuk memastikan pelaksanaan pencairan dana PIP SMK dilakukan dengan baik dan tepat. Ketepatan sasaran, jumlah dana yang diterima, pemanfaatan dana, dan layanan lembaga penyalur akan didata melalui instrumen khusus yang disajikan secara daring.

Kegiatan percepatan pencairan PIP ini dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, adapun jumlah wilayah sasaran yang dikunjungi pada kegiatan ini adalah 65 kab/kota yang ada di 26 provinsi. Jumlah siswa yang terdata belum melakukan pencairan dana di wilayah tersebut adalah sejumlah 56.832 siswa. 

Petugas dari Direktorat PSMK berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi, MKKS Kab/Kota, SMK, siswa penerima bantuan, dan BNI dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan dilaksanakan dengan mengundang BNI untuk melakukan kegiatan pencairan dana di SMK yang ditentukan. Kemudian siswa SMK lain dari wilayah tersebut yang belum mencairkan dana akan data ke SMK terpilih untuk melakukan pencairan dana. Dengan strategi ini diharapkan percepatan dapat dilakukan lebih cepat karena BNI mengalokasikan petugas khusus untuk melayani pencairan dana PIP SMK. Dengan cara ini juga siswa SMK tidak perlu mengantri dengan nasabah reguler. Selain itu BNI juga menyiapkan mobil BNI Layanan Gerak (BLG) ke sekolah untuk melayani keperluan perbankan lebih lanjut.

Kegiatan percepatan PIP SMK diharapkan menjadi sebuah bentuk nyata layanan prima Direktorat PSMK. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun untuk memastikan pelayanan pemerintah diberikan dengan tepat, cepat dan bermanfaat. Direktorat PSMK memastikan layanan lembaga penyalur dilaksanakan semaksimal mungkin sehingga siswa penerima dana PIP SMK dapat segera menerima haknya dan memanfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan personal pendidikannya.

 

-JS-

Bagikan

#PetuahPetuah

Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur)