EMiL, Dukungan Erajaya Group Untuk Meningkatkan  Kompetensi Siswa dan Guru SMK di Industri Ritel

Oleh: Rizal Aziz · Kamis, 20 Juni 2019 10.55 · 700

Bagikan

Jakarta, 19 Juni 2019 – Erajaya Group melalui kegiatan CSR-nya di bidang pendidikan melakukan kerja sama dengan Kemendikbud. Tujuan kerjasama ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi SMK di bidang bisnis dan manajemen, di antaranya; (1) Penyelarasan kurikulum dan bahan ajar (2) Pelatihan guru produktif (3) Sertifikasi kompetensi bagi Guru dan Siswa (4) Program Corporate Social Responsibility (5) Fasilitasi praktik kerja lapangan (PKL) bagi peserta didik SMK bidang bisnis dan manajemen dan (6) fasilitasi perekrutan lulusan SMK bidang bisnis dan manajemen.

Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan oleh Erajaya yaitu dengan meluncurkan sebuah aplikasi yang dinamakan Erajaya Micro Learning (EMiL). Peluncuran tersebut dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jakarta pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2019, dihadiri dari Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud, Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Dinas Pendidikan Provinsi D.K.I. Jakarta, Erajaya Group, dan SMK pelaksana kerja sama.

Aplikasi EMiL merupakan aplikasi pengembangan diri yang dikembangkan bersama Kemendikbud dalam mempersiapkan kompetensi dan keterampilan guru maupun siswa SMK di era digital, khususnya industri ritel. “Aplikasi ini di rancang untuk menunjang sarana belajar yang komperhensif melalui one stop solution service demi menyiapkan dan menyediakan lulusan SMK yang kompeten dan siap kerja di dunia ritel. Tidak hanya itu, dengan hadirnya aplikasi ini juga menandakan Erajaya Group siap menyediakan lapangan kerja dalam mendukung program pemerintah,” ucap Jimmy Peranginangin selaku HR Director Erajaya Group.

Selain meluncurkan aplikasi EmiL, pada kegiatan tersebut juga Erajaya Group dan Kemendikbud mengumumkan pemenang e-Competition yaitu kompetisi pembelajaran dan kuis secara digital melalui aplikai EMiL. Kompetisi tersebut diikuti oleh 380 siswa dari total 20 SMK bidang bisnis dan manajemen di daerah D.K.I. Jakarta dengan periode kompetisi bulan Mei hingga Juni 2019. Peserta berkompetisi untuk mendapatkan nilai terbaik dan untuk babak final diambil satu finalis dari setiap SMK. Dari total 20 finalis yang terpilih, tiga pemenang dengan nilai terbaik yang menjadi juara satu, dua dan tiga mendapatkan hadiah berupa gadget dan bagi 17 finalis lainnya diberikan hadiah hiburan berupa voucher belanja. Siswa yang menjadi juara adalah Zulfa Novia dari SMKN 12 Jakarta sebagai juara 1, Jassen Kristian dari SMKN 23 Jakarta sebagai juara 2, dan Shafwa Zalfa dari SMKN 42 Jakarta sebagai juara 3.

Saryadi selaku Kepala Subdirektorat Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK, yang pada kegiatan tersebut hadir mewakili Direktur Pembinaan SMK, menyampaikan bahwa kerja sama SMK dengan industri sangat perlu untuk dilaksanakan dan ditingkatkan. “Ini merupakan kesempatan baik, ada mitra industri yaitu Erajaya Group yang mau berbagi keahlian di bidang retail dan informasi terkini di dunia kerja. Kesempatan akses materi pembelajaran, praktik kerja lapangan dan kebekerjaan yang diberikan oleh Erajaya Group melalui program ini, merupakan salah satu bentuk implementasi upaya menghadirkan industri beserta standar yang dimiliki di SMK sesuai amanat Inpres 9 tahun 2016. Tentu ini harus disambut baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh SMK.” ujarnya.

Tahapan berikutnya, sasaran SMK pelaksana kerja sama akan diperluas ke setiap daerah yang berada di titik distribusi atau outlet ritel Erajaya Group yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hasil dari kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu meningkatnya kompetensi siswa SMK bidang bisnis dan manajemen serta meningkatnya angka keterserapan lulusan SMK di industri.

 

Sumber : pressrelease Subdit Lasjurin

Bagikan

#PetuahPetuah

Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.

Ki Hajar Dewantara