MPM Honda Jatim Resmikan Bengkel Mitra AHASS di SMK Krian 2

oleh Apriliyadi 510

Krian, Otojatim.com - PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT bersama jaringannya menandatangani kesepakatan dengan SMK TBSM Honda di Jawa Timur untuk bekerjasama membuka unit pelayanan jasa yaitu Bengkel Mitra AHASS di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah SMK Krian 2  dengan AHASS Syarifuddin Motor (27/4). 

AHASS yang dipilih adalah yang juga memiliki performa yang mumpuni dari segi bisnis Honda dan mampu menjadi role model sebagai pembelajaran di SMK tersebut. AHASS akan mendampingi dan juga bisa menjadi guru tamu yang akan mengajar di sekolah.

Bengkel Binaan - Dewan Guru dan Kepala Sekolah SMK Krian 2 berserta manajemen MPM dan AHASS pada peresmian bengkel mitra AHASS - SMK Krian 2 (27/4)

 "Dengan adanya program ini, diharapkan bagi siswa SMK TBSM semakin mengetahui bagaimana dunia kerja di Lingkungan Honda sekaligus bisa menjadi media praktek untuk menambah kemampuannya. Bagi sekolah juga bisa menambah keuntungan" kata Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM

Sementara itu, Indra Wahyu Suliswanto, MPd. selaku Kepala Sekolah SMK Krian 2 mengatakan bahwa kerjasama ini akan memberikan banyak pengalaman bagi siswa. "Kalau di kelas mungkin hanya belajar teori dan praktik mesin, tapi bila diberi kesempatan berkarya di bengkel, maka akan banyak hal baru bagi mereka seperti bagaimana meng-handle customer, trouble shooting engine per kasus, bahkan manajemen bengkel. Tentunya didampingi dengan tenaga ahli dari AHASS," papar Indra.

Menurut Satyo, para siswa yang praktek di bengkel binaan AHASS ini nantinya setelah lulus akan setara dengan mekanik level 1 AHASS. "Jadi lulusan SMK TBSM Honda ini akan siap pakai, bukan siap latih."

Program SMK TSM Astra Honda diinisiasi oleh AHM sejak 2010 setelah Kementerian Pendidikan & Kebudayaan membuka kompetensi keahlian baru di SMK bernama Teknik Sepeda Motor. Kurikulum ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dan mengajarkan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan teknik terkini sesuai perkembangan industri.

Peningkatan kompetensi ini juga dilaksanakan dengan standardisasi laboratorium praktik dan memberikan kesempatan praktek kerja industri di jaringan bengkel resmi Honda.

Senada dengan Satyo, Indra menambahkan,"Harapan kami penyerapan tenaga kerja lulusan TBSM akan selalu lebih banyak, bahkan dengan bekal dan wawasan di bengkel binaan AHASS tidak menutup kemungkinan bagi para lulusan untuk memilih di jalur wirausaha." tambahnya.

Pada Maret hingga April 2019 sebanyak 26 sekolah dari 92 SMK TBSM Honda dibawah binaan MPM telah menandatangai kesepakatan bersama antara MPM, AHASS dan SMK. Selain SMK Krian 2, ada 3 sekolah lagi yang sudah diresmikan antara lain SMK PSM 2 Takeran Magetan, SMKN 1 Baureno Bojonegoro dan SMK Kertanegara Kediri.

Sumber : otojatim.com

 

Beri nilai konten ini  
Responsive image