PT. Asuransi Sinar Mas Siap Rekrut 1000 Lulusan SMK

oleh Desy Gitapratama 992

Sesuai dengan UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, keberadaan SMK dirancang untuk mempersiapkan lulusan siap kerja, sebagaimana yang diharapkan oleh sekolah, masyarakat, dan dunia usaha/industri.

Sebagai langkah meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia usaha/industri, kerja sama antara SMK dan dunia usaha/industri harus diperkuat. Pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan telah melakukan beberapa upaya dalam rangka meningkatkan kerja sama antara SMK dengan dunia usaha/industri.

Foto bersama peserta kegiatan sosialisasi rekrutmen tenaga kerja lulusan SMK

Seperti yang dilakukan oleh PT. Asuransi Sinar Mas melalui program marketing SMK, akan melakukan rekrutmen tenaga kerja lulusan SMK sebanyak kurang lebih 1.000 siswa/siswi SMK dengan kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran dan kompetensi keahlian administrasi perkantoran.

Untuk itu, dalam rangka memfasilitasi PT. Asuransi Sinar Mas tersebut, Direktorat Pembinaan SMK menyelenggarakan kegiatan sosialisasi rekrutmen tenaga kerja lulusan SMK. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 11 Januari 2019 bertempat di Gedung Plaza Simas, Jakarta.

Pada Kegiatan tersebut dihadiri oleh 35 SMK yang membuka kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran dan kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Ke-35 sekolah tersebut berasal dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. Tiap sekolah diwakili oleh ketua bursa kerja khusus (BKK) dan Wakil Kepala Sekolah bidang hubungan industri/masyarakat atau ketua program studi.

Pada kegiatan tersebut, disampaikan beberapa hal mengenai program marketing SMK yang dilaksanakan oleh PT. Asuransi Sinar Mas. Raysisca Elvide, selaku Human Capital and Training Div Head di PT. Asuransi Sinar Mas menyampaikan bahwa untuk tahun 2019 ini, PT. Asuransi Sinar Mas menyelenggarakan program marketing khusus untuk lulusan SMK. Program marketing SMK adalah program kesempatan karier bagi SMK lulusan kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran atau administrasi perkantoran untuk memulai karier sebagai marketing.

"Setelah lolos dalam tes dan diterima sebagai karyawan, selanjutnya akan diberikan pelatihan dan pengembangan karakter selama 5 hari mengenai ilmu asuransi, produk asuransi, dan agency skills, pelatihan selama 3 hari mengenai pemahaman produk asuransi sinar mas, dan pelatihan selama 2 hari mengenai materi pengetahuan agensi,” ujarnya.

Setelah dilaksanakannya kegiatan ini, pihak sekolah mengajukan jadwal kepada PT. Asuransi Sinar Mas kapan bisa dilaksanakan proses rekrutmen di sekolah. Pada saat terlaksananya kegiatan rekrutmen tersebut, PT. Asuransi Sinar Mas terlebih dahulu melakukan sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan tes rekrutmen kepada siswa yang akan lulus atau lulusan SMK tersebut. Program sosialisasi dan rekrutmen tenaga kerja lulusan SMK tersebut selanjutnya akan dilaksanakan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kepala Seksi Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK, yang pada kegiatan tersebut hadir mewakili Direktur Pembinaan SMK, menyampaikan bahwa kerja sama SMK dengan industri sangat perlu untuk dilaksanakan.

“Akan lebih mudah lulusan SMK bisa diterima kerja di dunia usaha/industri apabila ada hubungan erat dengan dunia usaha/industri. Kerja sama SMK dengan industri dapat dilakukan dalam hal penyelarasan kurikulum, pengembangan teaching factory, praktik kerja industri, sampai dengan perekrutan. Adanya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan sangat membantu dalam pelaksanaan kerja sama antara SMK dengan industri,” ujarnya.

Harapannya dengan terjalinnya kerja sama antara SMK dengan PT. Asuransi Sinar Mas dapat berdampak pada meningkatnya keterserapan lulusan SMK.

Beri nilai konten ini  
Responsive image