SMK Tunas Harapan Pati Kembangkan Startup Technopark

oleh Rizky Setiawan 1.074

Jakarta - Produk pengembangan dari startup technopark siswa-siswi SMK Tunas Harapan Pati berhasil diluncurkan pihak sekolah. Dalam pemasarannya, produk pengembangan dari perangkat lunak maupun keras serta penelitian bidang IT dan jaringan dipasarkan dengan online maupun offline.

Peluncuran ke 14 produk kembangan dari startup technopark ini dirasa mampu merubah pola pikir murid SMK yang terletak di jalan Pati-Tayu untuk berwirausaha, bukan lagi lulus dan bekerja sebagai karyawan atau berkuliah.

Kepala SMK Tunas Harapan Pati Eny Wahyuningsih menuturkan peran dari SMK memang mencetak tenaga kerja setelah lulus, hanya saja melihat perkembangan negara saat ini sudah tidak memungkinkan untuk mencetak siswanya menjadi pekerja.

“Kita mencoba mengubah mindset mereka menjadi wirausahawan, belajar mulai sekarang sehingga memiliki kemandirian yang kuat,” katanya.

Memanfaatkan seluruh program keahlian yang ada di sekolah menjadi startup technopark, katanya, menjadi satu terobosan baik yang saat ini berhasil digagas SMK Tunas Harapan. Pasalnya pengembangan produk startup technopark ini berbasis Informatika teknologi (IT) sehingga memungkinkan dari pelajar menjualnya secara online dan offline.

“Mereka bisa jual disini namun dari pengajar kita tekankan mereka menjual dengan online. Startup yang tengah pengembangan adalah mesin pemotong keripik tempe, pemotong serbaguna, kerajinan tangan dan tempat payung di dalam mobil pada saat hujan,” kata Eny.

Sedangkan startup yang berhasil ditawarkan ke public diantaranya alat pendeteksi serangan jantung, pembuatan profil perusahaan, makan dan minuman kesehatan, sabun kecantikan, jam digital karakter miniatur transportasi, teknologi pembuat aplikasi desain dan stiker, pengendali beban dengan sumber daya cahaya, lampu bonsai dan bambu, powerbank tenaga surya, seni kaca dan botol minuman.

 

Sumber: wartapati.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image