FT UGM Beri Pendampingan pada 50 Guru SMK Bidang Teknologi 3D Printing

oleh Pretty Pangaribuan 290

Guna mengenalkan teknologi 3D printing di kalangan SMK, Fakultas Teknik (FT) UGM berikan pendampinganan kepada 50 guru SMK Bidang Teknologi Printing di era 4.0 pada Senin (22/10/2018) siang.

Dosen FT UGM yang juga menggeluti penelitian bidang 3D printing, Herianto mengatakan, era revolusi industri 4.0 yang dihadapi saat ini, menurut dia, secara tidak langsung menuntut manusia untuk memiliki kecakapan-kecakapan khusus yang terkait dengan bidang teknologi kunci.

Revolusi Industri 4.0 dipandang bukan hanya sebagai ancaman pengurangan lapangan pekerjaan.

"Tetapi juga dipandang sebagai kesempatan yang melahirkan pekerjaan baru yang berpotensi untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," ujar Herianto.

Untuk menyikapi hal tersebut, Herianto menambahkan, perlunya menyiapkan tenaga kerja terampil dengan melakukan perubahan fundamental terhadap pendidikan dan pengenalan vokasi.

"Dunia SMK diharapkan Iebih fokus kepada kebutuhan jurusan yang sejalan dengan revolusi industri 4.0 dengan membuka jurusan bidang keahlian baru dan menutup jurusan yang saat ini sudah tidak relevan dengan kebutuhan pasar kerja," lanjutnya

Ia menyebut, satu dari beberapa teknologi yang menjadi kunci dalam Revolusi Industri 4.0 dan yang ideal untuk dipelajari dunia vokasi kejuruan yakni Teknologi.

Untuk itu, perlu adanya sosialisasi dan pengenalan praktis secara khusus kepada siswa SMK supaya lebih mengenali teknologi 3D printing lebih dini.

Yakni melalui pelatihan dan pendampingan SMK bidang teknologi 3D printing di era 4.0 yang diinisiasi oleh FT UGM dengan menggandeng Direktorat Pembinaan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.

"Kami ingin melatih, mendampingi guru SMK agar mereka lebih leading di Industri 4.0 khususnya 3d printing," tuturnya

Diharapkan, melalui pendampingan ini turut membantu SMK dalam melahirkan lulusan yang mempunyai kecakapan sesuai dengan kebutuhan era revolusi industri 4.0.

Tidak hanya di bidang pendidikan saja, Herianto menuturkan teknologi 3D printing diprediksi akan terus berkembang di berbagai bidang.

"Teknologi 3D printing merupakan salah satu di antara lima teknologi kunci dalam revolusi industri 4.0," ucapnya.

Ia menjelaskan, lima teknologi kunci tersebut yakni internet of Things, Advance Robotics, Artificial Intelligence, Human Machine Interface, dan 3D Printing.


Sumber : tribunnews
 

Beri nilai konten ini  
Responsive image