20 Siswa SMK Pilihan Praktek Kerja Industri (Internship) di CASIO Thailand

oleh Pretty Pangaribuan 538

Bangkok - Dalam rangka implementasi kerjasama antara Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Casio Computer., Co., Ltd., khususnya di bidang pendidikan kejuruan, pada tanggal 4 Oktober 2018 telah diberangkatkan 20 orang siswa SMK bidang keahlian Teknologi Rekayasa dari 10 SMK di Indonesia untuk menjalani program internship di pabrik CASIO Thailand selama 3 bulan. Para siswa dan tim pendamping yang berasal dari Kemdikbud dan Casio Jakarta tiba di Bangkok dan langsung diterima oleh Duta Besar RI untuk Thailand, Bapak Ahmad Rusdi, dan Atase Pendidikan RI Bapak Prof. Mustari. 

Pada kesempatan tersebut, Bapak Mustari menuturkan bahwa program internship ini merupakan langkah awal yang sangat menentukan untuk pengembangan kerjasama selanjutnya antara CASIO dan Kemdikbud, dan menyatakan bahwa pihak KBRI Thailand siap mendukung kesuksesan program. Beliau juga menerangkan bahwa Thailand dan Indonesia memiliki banyak kesamaan baik dari segi budaya maupun kehidupan bermasyarakat, oleh karena itu siswa tidak perlu merasa khawatir dalam beradaptasi dengan lingkungan di Thailand. Selanjutnya Bapak Mustari juga berpesan agar para siswa dapat menjaga nama baik diri, sekolah dan bangsa Indonesia dan berharap mereka dapat menjalankan internship dengan baik sehingga dapat menjadi best practice untuk program selanjutnya.

Keesokan harinya, tanggal 05 Oktober 2018, para siswa peserta internship dan tim pendamping bertolak ke pabrik CASIO Thailand untuk menghadiri acara penyambutan dan orientasi singkat, serta serah terima siswa secara resmi dari tim Kemdikbud kepada tim CASIO Thailand. Kedatangan siswa di pabrik CASIO Thailand, disambut langsung oleh Mr. Shuji Daiba selaku Managing Director CASIO Thailand Co., Ltd., Mr. Shuji menyatakan sangat menyambut baik kedatangan  peserta internship dan berharap program ini dapat bermanfaat untuk peningkatan skill para siswa  serta untuk penjngkatan kerjasama antara CASIO dengan Kemdikbud. Pada kesempatan tersebut, Kemdikbud yang diwakili oleh Bapak Yaya dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri mengatakan bahwa program internship ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari program revitalisasi SMK dimana salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Bapak Yaya juga menambahkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia merupakan penghasil tenaga kerja terampil di berbagai bidang yang dapat mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri sehingga program ini penting untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi siswa tentang dunia industri.

Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan tim manajemen CASIO (Thailand) Co., Ltd., dari berbagai divisi baik yang berasal dari Jepang maupun Thailand. Selain itu, Para siswa peserta internship juga memperkenalkan diri mereka kepada tim manajemen CASIO. Pada acara tersebut juga  ditampilkan profil singkat tentang CASIO (Thailand)., Co., Ltd., dan dilakukan sesi foto bersama dengan tim manajemen CASIO. Acara kemudian dilanjutkan dengan factory visit dan keesokan harinya para siswa akan melaksanakan praktek kerja industri.

Beri nilai konten ini  
Responsive image