Agro Andalan Berikan Beasiswa Pelatihan kepada Lulusan SMK di Sekadau

oleh Rizky Setiawan 229

Jakarta - Perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Agro Andalan memberikan beasiswa kepada sejumlah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat di wilayah sekitar Kabupaten Sekadau, untuk mengikuti pelatihan pendidikan vokasi bidang industri kelapa sawit di Institut Sekolah Tinggi Pertanian (INSTIPER) Yogyakarta.

Acara pelepasan siswa tersebut dilakukan pada Minggu (30/9) lalu yang dihadiri siswa dan orang tuanya serta jajaran manajemen Agro Andalan. Jumlah siswa yang mendapatkan beasiswa sebanyak 7 orang yang berasal dari SMK Amaliyah, SMA Negeri 1, SMK Negeri 2 dan SMK PGRI.

Human Capital Division Head PT Agro Andalan, Yogo Voluntoro, mengatakan pemberian beasiswa ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan kepada tenaga terdidik lokal untuk menjadi staf terlatih yang nantinya akan dipekerjakan di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Agro Andalan di Kalimantan Barat.

“Untuk tahap ini, kami mengirimkan sebanyak tujuh lulusan yang dididik di INSTIPER Yogyakarta. Mereka ini akan menempuh pendidikan selama tujuh bulan, termasuk on the job training di PKS, sehingga nantinya menjadi tenaga kerja yang siap pakai dan memiliki sertifikasi di bidang teknis PKS dengan akreditasi Dikti setingkat D1,” ujar Yogo, Rabu (3/10).

Menurut Yogo, saat ini sedang membangun PKS di sekitar area perkebunan di Kabupaten 
Sekadau dengan kapasitas 30 ton per jam.

Selama ini, perusahaan memiliki kebijakan untuk selalu mengutamakan tenaga trampil yang berasal di sekitar area perkebunan untuk berkontribusi di perkebunan maupun pabrik kelapa sawit.

Beasiswa yang telah diberikan perusahaan kepada sekolah-sekolah sudah beberapa kali dilakukan kepada lulusan SMA maupun SMK ke institusi pendidikan yang memiliki reputasi baik untuk menempuh pendidikan, baik terkait dengan industri kelapa sawit maupun bidang lain yang dibutuhkan perusahaan.

“Setiap tahun, kami selalu memberikan beasiswa kepada lulusan sekolah menengah lokal. Pemberian dan pelatihan ini merupakan angkatan yang ke-8 dan sudah kita lakukan sejak 7 tahun lalu dan akan terus kita lakukan di masa mendatang,” kata Yogo.

Selain ke INSTIPER, perusahaan juga memberikan beasiswa kepada lulusan SMA untuk menempuh 
pendidikan tinggi di beberapa universitas di Indonesia, antara lain bekerja sama dengan Universitas Sanatha Dharma, Yogyakarta.


Sumber : tribunews.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image