32 GM MALANG RAYA DAMPINGI 160 SMK

oleh Rizky Setiawan 527

Jakarta - Kabar gembira untuk siswa SMK se-Malang Raya. Mereka akan semakin mantap memasuki dunia kerja dengan tambahan ilmu dari para general manager (GM). Para GM ini akan hadir ke sekolah untuk berbagi pengalaman tentang pariwisata dan perhotelan.

Program ”One GM for One SMK” tersebut diluncurkan Indonesian Hotel General Manager (IHGM) Malang Raya saat menggelar pertemuan di Singhasari Resort Hotel & Convention Batu kemarin (29/9). Sebanyak 32 GM dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu menegaskan kesiapannya mendampingi SMK untuk transfer pengetahuan sesuai kompetensinya. ”Sekitar 160 SMK se-Malang Raya nantinya akan dibina oleh para GM dari IHGM. Ini sebagai tindak lanjut program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sejalan dengan tujuan kami,” terang Ketua IHGM Malang Raya Ratna Dwi Rachmawati. Karena output lulusan SMK ini diharapkan menjadi ahli pariwisata untuk negerinya.

Ketua DPP IHGM Rusmaidi Fetra mengungkapkan, jangan sampai ahli pariwisata justru diambil alih orang luar. ”Lulusan SMK-lah yang harusnya menjadi ahli di negaranya sendiri dalam 5 sampai 10 tahun ke depan,” ujarnya. Untuk itu, Fetra melanjutkan, pada pertemuan ini dibahas kurikulum yang bisa bersinergi antara dunia pendidikan dan industri.

”Kami akan lihat juga, kira-kira dalam 2 tahun ke depan hasilnya seperti apa. Otomatis, para lulusan SMK ini nanti juga akan jadi prioritas di industri ini,” tuturnya. Untuk teknis pelaksanaannya, masing-masing GM akan meng-handle beberapa SMK. ”Sebaliknya juga bisa, jadi satu sekolah akan dibina oleh beberapa GM. Tapi jika dalam perjalanannya ada anggota yang bisa memegang lebih dari 3 sekolah ya tidak masalah,” terangnya.

Harapannya, para GM ini bisa mengetahui langsung kompetensi yang ada di sekolah dan juga sharing dengan pihak SMK yang dia bina. ”Mungkin dulu sekolah hubungannya hanya melalui bagian humas hotel dan orang nomor satunya malah tidak berkomunikasi. Nah, sekarang ini kami cut, sehingga GM dan sekolah bisa langsung saling berhubungan,” terangnya.

 

Sumber : www.radarmalang.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image