Empat SMK Di Kabupaten Kebumen Akan Direvitalisasi

oleh Pretty Pangaribuan 426

KEBUMEN – Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan dunia pendidikan. Salah satunya program revitalisasi SMK. Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu. Di tahun 2018 ini, di Kabupaten Kebumen ada empat SMK yang ada direvitalisasi. Salah satunya SMK Negeri 2 Kebumen.

Konsultan sekaligus pendamping program revitalisasi SMK Negeri 2 Kebumen Dr Yoto ST MPd MM mengatakan, terdapat enam pokok revitalisasi SMK. Yakni pengembangan dan penyelarasan kurikulum serta inovasi pembelajaran. Pemenuhan dan peningkatan profesional guru dan tendik serta standarisasi sarana dan prasarana utama. Pemutakhiran program kerja sama industri, pengelolaan dan penataan kelembagaan. 

“Proses pendampingan awal dilaksanakan Agustus. Pendampingan tahap II akhir pada November atau awal Desember,” tuturnya saat kegiatan perencanaan program yang dilaksankaan di Aula SMK Negeri 2 Kebumen, Sabtu (25/8). 

Dijelaskan, lulusan SMK tidak boleh menganggur. Jika tidak bekerja, maka meneruskan jenjang belajar atau berwirausaha. Untuk dapat bekerja dengan baik, kurikulum SMK harus diselaraskan dengan perusahaan yang menjadi mitra. Sehingga lulusan SMK dipastikan dapat langsung bekerja di perusahaan mitra tersebut. 

“Secara nasional, revitalisasi SMK tahun 2017 sebanyak 125 sekolah. Sedangkan di tahun 2018 ada 219 SMK,” jelasnya. 

Menurutnya, guru dan jajaran pendidikan SMK harus mempunyai inovasi pembelajaran, sehingga mampu menggunakan teknologi informasi untuk menunjung mutu pembelajaran. Setelah adanya penyelarasan kurikulum maka sarana dan prasarana sekolah juga harus ditingkatkan sesuai dengan standarisasi perusahaan. 

“Sehingga yang dipelajari di sekolah sama dengan apa yang dilaksanakan di perusahaan,” paparnya. 

Plt Kepala SMK Negeri 2 Kebumen Nurul Aeni SPd MPd menuturkan, di SMK Negeri 2 Kebumen terdapat enam program kejuruan. Yakni Bisnis Konstruksi dan Properti, Desain Permodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Instalansi Tenaga Listrik, Teknik Audio Vidio, Teknik Pemesinan, dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. 

Nurul mengatakan, program revitalisasi SMK sangat membantu. Dia juga berharap agar program tersebut selalu ada tiap tahunnya. “Kami akan menjalankan program dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Sumber : radarbanyumas

Beri nilai konten ini  
Responsive image