Siapkan SDM Handal, SMK NU Terjunkan Ratusan Siswanya

oleh Rizky Setiawan 367

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahdlatul Ulama (NU) 01 Slawi, Kabupaten Tegal menerjunkan ratusan siswanya untuk mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di sejumlah instansi, kemarin. 353 siswa siswi akan melakukan PKL selama 3 bulan, mulai 1 Juli hingga Oktober 2019.

“Itu untuk tahap pertama. Tapi kalau tahap kedua, mulai Oktober sampai Februari 2019,” kata Kepala SMK NU Slawi 01 Ali Saefudin, usai melepas ratusan siswanya di halaman sekolahnya.

Dia mengungkapkan, tempat PKL tidak hanya dilakukan di instansi pemerintah, tapi juga di swasta yang tersebar di Kabupaten Tegal, dan luar daerah. Misalnya, di Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Jumlah instansinya sekitar 80 tempat. Mereka akan ditempatkan sesuai dengan kompetensi keahliannya masing-masing. Adapun, program studi di sekolah tersebut meliputi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Akutansi (AK), dan Administrasi Perkantoran (AP).

“PKL ini merupakan kegiatan wajib di sekolah kami,” ucapnya.

Menurutnya, tujuan PKL itu untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal. Selain itu, juga untuk mengetahui dan memahami kompetensi para siswa di tiap-tiap jurusan. Diharapkan mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan di tempat PKL. Nantinya, setelah PKL selesai, mereka akan mendapatkan nilai dalam bentuk sertifikat. Sertifikat itu merupakan bukti bahwa mereka berkompeten.

“PKL ini adalah suatu bentuk pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI),” terangnya.

Dia berharap, siswanya dapat menyelesaikan tugas tersebut dengan baik. Selain itu, dia juga menghendaki anak didiknya dapat memahami dan mengenal kompetensi masing-masing prodinya. “Semoga setelah lulus nanti, mereka sudah tidak asing lagi dengan DUDI,” tukasnya.

 

Beri nilai konten ini  
Responsive image