Calon Siswa SMK Harus Memiliki Skill dan Karakter

oleh Pretty Pangaribuan 1.058

MANADO - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi sekolah pilihan orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Hal itu karena dianggap lulusan SMK bisa langsung bekerja.

Oleh karena itu, menurut Delly Saroinsong selaku Ketua Panitia penerimaan siswa baru di SMK Negeri 3 Manado mengharapkan calon SMK harus memiliki hard skill atau keterampilan yang menjadi salah satu kompetensi mereka.

"Soft skill berupa karakter yang baik juga harus dimiliki oleh calon siswa baru SMK sebagai tenaga kerja terampil di dunia industri," kata Delly saat ditemui Tribun Manado di ruang tes minat bakat, Selasa (03/07/2018) siang.

Lebih lanjut kata dia, kualitas lulusan menjadi salah satu komponen dalam revitalisasi SMK.

"Ini yang harus kita pastikan. Bahwa setiap lulusan SMK yang akan direvitalisasi, harus lulus tes kompetensi dan mendapatkan sertifikasi yang diakui dunia usaha. Makanya memang di SMK itu ada tes minat bakat yang kita berlakukan untuk melihat minat dari calon siswa tersebut," ujarnya

Kepada para calon siswa SMK, Delly berpesan agar mereka belajar dengan baik, dan menguasai skill yang dibutuhkan oleh industri.

Kemudian bagi lulusan SMK yang ingin bekerja di luar negeri harus menambah satu kompetensi lagi, yaitu kemampuan bahasa asing.
 

Sumber : tribunnews.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image