242 Team Siap Berlaga Dalam Kompetisi SMK Jago Jualan

oleh Pretty Pangaribuan 794

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) merupakan salah satu pilihan bagi para siswa dan siswi untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka. Biasanya para mereka yang sudah memilih SMK dapat langsung terjun ke industri. 

Dalam rangka mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan kompetensi bagi siswa dan siswi SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran, maka program realisasi pemasaran secara komprehensif dengan menggandeng pelaku bisnis pada dunia nyata  dirancang dan dibuat.

Para peserta program ini adalah siswa dan siswi SMK kelas X - XII Kompetensi Keahlian Pemasaran dalam bentuk kelompok, yang masing-masing kelompok beranggotakan 12 orang. "Setiap sekolah dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya kelompok untuk mengikuti kegiatan Khong Guan SMK Jago Jualan 2018," kata penanggung jawab program, Dedy Budiman, di Jakarta, Senin (09/04/2018).

Secara teknis, setiap peserta Khong Guan SMK Jago Jualan wajib mendaftarkan kelompoknya (melakukan registrasi) ke website www.smkjagojualan.com. "Registrasi dibuka pada tanggal 14 Februari 2018 hingga 10 Maret 2018," ujar Dedy.

Team panitia yang terdiri dari para mentor akan melaksanakan sosialisasi program ke SMK-SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran pada 23 kota di Indonesia untuk memberikan penjelasan singkat kepada para siswa mengenai teknik penjualan dan sebagainya kepada SMK yang akan berpartisipasi. Total team yang sudah mendaftar untuk event ini adalah 242  team.

Selama masa kompetisi ini, peserta akan terus dibekali dengan pelatihan secara online class serta pendampingan oleh masing-masing mentor pada kota masing-masing untuk terus menyemangati dan memberikan tips-tips serta strategi mengenai marketing dan penjualan. Pelatihan secara online class (webinars) akan diadakan pada Facebook dengan account @Indowebinars setiap Senin, jam 19:00 – 20:00.

PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia kali ini bertindak sebagai sponsor utama untuk Khong Guan SMK Jago Jualan 2018. Dengan pengalaman lebih dari 4 dekade sejak tahun 1970, PT. Khong Guan Biscuit Factory Indonesia adalah perusahaan berskala nasional yang telah menjadi pemimpin pasar dalam bidang industry biskuit yang memiliki berbagai kategori meliputi sandwich, wafer, krekers, cookies, marie, assorted biskuit, dan stik.

Kompetisi Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 ini terbagi menjadi 3 tahap sebelum Grand Final yang dilakukan di Jakarta. Untuk kompetisi tahap pertama, akan dimulai dari tanggal 12 Maret hingga 12 Mei 2018 dengan kriteria penilaian yang meliputi omset penjualan, presentasi produk, keaktifan dan kreatifitas pemanfaatan sosial media dan penilaian dari team panitia selama event berlangsung.

Selama kompetisi berlangsung, peserta diwajibkan melakukan reporting dan upload photo aktivitas yang dilakukan ke sosial media (Facebook & Instagram) dengan memberikan hashtag #JualanKalengMerah #KhongGuan #SMKJagoJualan dan Apps yang telah disediakan oleh panitia Khong Guan SMK Sales Award 2018.

Kompetisi tahap penjualan tahap kedua akan dilakukan pada tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2018 dengan kriteria omset penjualan, kreatifitas dan keaktifan pemanfaatan sosial media serta penilaian dari team panitia selama event berlangsung. Penilaian kualifikasi tahap jedua akan dilangsungkan setelah tanggal tersebut, dan hasil kelompok yang memenuhi kualifikasi babak 10 besar akan diumumkan via Website www.SMKjagosales.com. 

"Kesepuluh finalis yang terpilih akan mewakili kota/propinsi dan bersaing menuju Tahap III dan Grand Final," kata Dedy Budiman.

Selanjutnya, kompetisi tahap ketiga menjadi persyaratan utama memasuki Grand Final  yang diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2018. Acara Grand Final Sales Marathon akan dilakukan di Jakarta, pada tanggal 22 Juli 2018 yang akan diwakili oleh 5 orang peserta dari masing-masing Top 10 Finalis yang telah dipilih oleh team juri dari Khong Guan - SMK Sales Award 2018. (Imd).

 

Sumber : KRJOGJA.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image