SMK Garut Kirim Siswa Praktik ke Luar Jawa

oleh Apriliyadi 128

 

BANDUNG (HN) -Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengirim siswa ke luar Jawa untuk melaksanakan praktik kerja industri di Kalimantan dan Jambi. Pengiriman siswa itu merupakan agenda belajar rutin persiapan siswa sebelum memasuki dunia kerja.

“Prakerin (praktik kerja industri) adalah upaya adaptasi siswa manakala ke depan terjun di dunia kerja,” kata Kepala SMK Negeri 2 Garut Nanan Widjana di Garut, Selasa (13/2). Siswa yang siap diberangkatkan ke Kalimantan dan Jambi, kata dia, sebanyak tujuh orang Jurusan Geologi Pertambangan.

“Yang baru berangkat ada tiga orang, sedangkan yang empat orang baru dimulai Bulan Maret,” kata Nanan. Menurut dia, siswa SMK Negeri 2 Garut yang siap melaksanakan tugas praktik kerja industri sebanyak 689 orang dari delapan jurusan.

Mereka, kata Nanan, tidak hanya menempati dunia kerja di Kalimantan dan Jambi, tetapi ditempatkan juga di wilayah Bandung, Karawang, dan industri lokal di Garut. Nanan menyampaikan tujuan dari pendidikan lapangan itu sebagai proses adaptasi siswa sebelum memasuki dunia kerja.

 

Siswa tersebut akan melaksanakan tugasnya serta wajib mengikuti segala aturan kerja perusahaan selama tiga bulan. Dia berharap, praktik siswa di lapangan itu menambah ilmu pengetahuan dan menerapkan teori-teori yang selama ini diajarkan di sekolah.

“Aturan main di perusahaan masing-masing hendaknya diikuti penuh agar diperoleh pengalaman,” katanya.

Ketua Komite Sekolah Ade Koswara menambahkan, siswa yang melaksanakan praktik kerja itu harus menjaga nama baik sekolah dan disipilin dalam bekerja. “Siswa harus berdisiplin tinggi selama pelaksanaan prakerin,” katanya.

Sumber : http://www.harnas.co/2018/02/13/smk-garut-kirim-siswa-praktik-ke-luar-jawa

 

 

Beri nilai konten ini  
Responsive image