SMKN 1 Bandung Raih Juara Umum Lomba Bahasa Prancis

oleh Yuli Setiawan 364

SMKN 1 Bandung Raih Juara Umum dalam lomba berbahasa Perancis, La Petite 2018 yang digelar STBA-ABA Yapari-ABA, Bandung (7-8/2) di Kampus STBA-ABA Yapari, Bandung. SMKN 1 Bandung mendapat juara pertama lomba Mendongeng berbahasa Prancis atas nama Lerian Gustiani. Juga juara ketiga kategori yang sama, atas nama Ranti Anita. SMKN 1 Bandung juga meraih juara pertama kostum cosplay tokoh Perancis, atas nama Ryhan R Aulia. ''Alhamdulillah, walaupun saya sangat tegang saat tampil di panggung,'' ungkap Lerian.

Ketua Jurusan Bahasa Prancis STBA Yapari-ABA, Dra. Lina Syawalina, Dipl. CIFR, M.Pd mengungkapkan bahwa pada umumnya, para peserta dari SMA/K se Jawa Barat dan umum ini, tampil dengan baik. ''Walaupun memang sulit untuk mendongeng ini, namun para peserta terlihat berupaya maksimal untuk tampil menjadi yang terbaik,'' ungkap Lina.

Acara lomba berbahasa Prancis dengan peserta siswa-siswi tingkat SMA se Jawa Barat dan umum ini digelar pada 7 hingga 8 Februari 2018. ''La Petite ini merupakan acara yang kedua kalinya, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahassiwa Jurusan Perancis (HMJP) STBA Yapari-ABA, Bandung,'' ujar Ketua Jurusan Bahasa Perancis STBA Yapari-ABA, Dra. Lina Syawalina, Dipl. CIFR, M.Pd dalam perbincangan dengan Republika, di sela-sela acara.

Dikatakan Lina, acara ini melibatkan peserta dari kalangan SMA/K sederajat dan umum. ''Tahun sebelumnya, La Petite France mengambil tema di kota Paris. Tahun ini,  seolah di Kota Canes dengan tema Toutes Les Ambiances Sont Plus Merveilleuses A Cannes (Semuanya tersenyum dan lebih baik di Cannes red.),'' ungkap Lina.

Ketua Pelaksana La Petite France 2018, Lismaya Puji mengungkapkan ada beberapa kategori lomba. Yaitu lomba membaca berita, lomba membaca puisi  serta lomba mendongeng dalam bahasa Perancis, yang diikuti oleh siswa SMA/K sederajat. Juga ada lomba karaoke serta kostum (cosplay) tokoh Perancis yang dapat diikuti kalangan umum. ''La Petite France 2018 ini juga dimeriahkan oleh Magnifichoir STBA, D.O.S, BigBand, Kabaret Unikom, Andra juliawan, CDC UPI serta Alunan IrAMA,'' kata Lismaya.

 

Sumber: http://www.republika.co.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image