Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama : Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis

oleh Yuli Setiawan 338

Jakarta, 9 Februari 2018 bertempat di ruang sidang Lantai 13 Direktorat Pembinaan SMK.  Telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Direktorat Pembinaan SMK dengan PT Adira Dinamika Multi Finance. Kerja sama ini dimaksudkan sebagai langkah positif untuk membangun dan mengembangkan pendidikan di Indonesia khususnya SMK bidang manajemen bisnis. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Instruksi Presiden terkait Revitalisasi SMK. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini telah memiliki berbagai macam kerja sama dengan berbagai pihak, Salah satunya yang telah diresmikan presiden. terdapat 350 Industri yang telah bekerja sama dengan SMK Indonesia dan ini akan terus ditingkatkan untuk kedepannya.

PT Adira Dinamika Multi Finance ini salah satu yang masuk dari segmen keuangan. Harapannya  kerja sama ini nantinya dapat masuk ke bidang lainnya dan kerja sama ini juga akan menjadi langkah awal untuk membuka segmen lainnya,  hal ini sejalan  dengan visi misi PT Adira Dinamika Multi Finance yakni menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan mengembangkan komunitas untuk kesejahteraan rakyat Indonesia

Saat ini Ada 5 SMK se Jabodetabek yang sudah mengikuti Program ini, antara lain SMKN 16, SMKN 17, SMKN 23, SMKN 47 dan SMKN 48. PT. Adira Dinamika Multi Finance memberikan beasiswa dengan jumlah total 42.000.000 untuk 30 siswa. Beasiswa untuk murid berprestasi ini mencakup 3 modul dan 11 modul untuk 48 kompetensi siswa SMK. Modul ini dapat menjadi bekal bagi siswa SMK yang akan masuk ke dunia Industri, Dan siswa yang mengikuti program ini berjumlah 634 dari 5 SMK. Keuntungan program ini adalah:

  1. Siswa SMK kelas XI dapat memiliki kesempatan magang, dengan syarat dinyatakan lulus seleksi oleh Adira Finance.
  2. Akan memperoleh pembekalan dengan pengetahuan dan softskill yang dibutuhkan saat bekerja khususnya dalam Industri pembiayaan dimana Adira Finance adalah salah satu perusashaan pembiayaan terbesar di Indonesia.
  3. Mendapatkan dana bantuan Pendidikan bagi 3 siswa berprestasi, yang dipilih melalui seleksi dari rapot dan standar kelulusan dari PT Adira Dinamika Multi Finance
  4. Memenuhi standar kompetensi industri, atau memiliki standar kompetensi kerja yang membantu peserta didik mempersiapkan diri sebelum masuk ke dalam dunia kerja dan dunia Industri.

kedepannya dengan mengembangkan 9 regional, jumlah Siswa SMK yang dapat pengembangan kompetensi dapat berlipat hingga 2600 orang. Jumlah 9 area adalah:

  1. Sumbagut, Medan dan sekitarnya
  2. Jabodetabek, Jakarta dan sekitarnya
  3. Jabar, Bandung dan sekitarnya,
  4. Sumbagsel, Palembang dan sekitarnya
  5. Jateng, Jogja dan sekitarnya
  6. Jatim, Surabaya dan sekitarnya
  7. Kalimantan, Balikpapan dan sekitarnya
  8. Bali dan Nusa Tenggara, Denpasar dan sekitarnya
  9. SulamPapua, Makassar dan sekitarnya

Sumber: Tim Media Dit.PSMK

 

 

Beri nilai konten ini  
Responsive image