Inovasi Siswa SMK, Padamkan Api Cukup Pakai Kulit Ubi

oleh Yuli Setiawan 504

Pelajar SMK AMEC Sawangan berhasil membuat inovasi cara baru untuk mematikan api tanpa pake hydran atau air yaitu dengan menggunakan kulit ubi.

Hasil karya para SMK AMEC ini juga berhasil menjadi juara 1 di ajang lomba Rasan4 Rover And Scout Education Competition 2018 yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 5 Sawangan Depok.

Direktur Sekolah AMEC, Mamun Ibnu Ridwan, mengatakan pihaknya bangga atas apa yang telah dibuat oleh siswa kelas 1 SMK jurusan perawat dan Farmasi tergabung dalam pramuka Saka Bakti Husada telah membuat umbi-umbian yaitu dari kulit ubi yang sudah difermentasikan dapat memadamkan api tanpa harus diguyur air.

“Karya dari siswa kita ini dilombakan Rasan 4, Rover and Scout Education Competition 2018 di SMA Negeri 5 Depok, memperoleh juara 1. Apa yang dibuat anak didiknya tersebut yaitu memperagakan Teknologi Tepat Guna (TTG) yaitu berupa penggunaan bahan kulit ubi untuk alat kebakaran,”ujarnya kepada Pos Kota di kawasan Serua, Bojongsari, Kota Depok, Rabu (7/2/2018) pagi.

Kalangan siswa yang berhasil membuat inovasi baru tersebut yaitu Azizah Damadhani, Umi Kulsum Assadiah, Nilam Sari Siregar, Aprilia Utami, Intan Aprilia, Siti Mulyani, dan Rina Apriana serta bersama beberapa tim pendamping dan pembina yang turut serta dalam helatan anak-anak Praja Muda Karana tersebut.

“Meski baru sekali mengikuti lomba di SMA N 5, atas kekompakan dan solid dalam tim dapat menyabet juara 1 bidang teknologi tepat guna dalam pembuatan alat pemadam ringan dari ubi-ubian,”paparnya.

Mamun berharap kedepan para siswa dalam mengembangkan ide kreatif lainnya yang lebih bermanfaat bagi orang banyak.

“Apa yang telah dilakukan anak-anak dalam TTG ini dapat bermanfaat bagi orang lain khususnya jika tidak mempunyai tabung pemadam kebakaran. Selain efisien juga muda didapatkan ubi-ubian,”tutupnya.

 

Sumber: http://poskotanews.com/

Beri nilai konten ini  
Responsive image