Kreatif! Lulusan SMK Jogja Sulap Barang Bekas Jadi Robot T-Rex

oleh Yuli Setiawan 1.776

Seorang warga Kampung Purbayan, Kotagede, Yogyakarta, Muhammad Iqbal Firmansyah (18) bersama timnya, punya ide memanfaatkan barang bekas menjadi robot T-Rex. 

"Sebenarnya kami tidak sepenuhnya memakai bahan-bahan bekas. Tapi sebagian besar bahan seperti motor listrik dan gear box memang kami pakai bahan bekas," kata Iqbal kepada detikcom saat dikunjungi di kediamannya.

Meski sebagian bahannya memakai barang bekas, Iqbal mengklaim robot buatannya itu memiliki keunggulan tersendiri. Pasalnya, robot T-Rex buatannya bisa berjalan seperti hewan pada umumnya.

"Robot T-Rex ini bisa berjalan tanpa roda. Bahkan robot ini mampu menarik gerobak dengan beban maksimal 60 kilogram dan bisa berjalan kurang lebih 30 menit," paparnya.

Adapun sumber energi penggerak robot ini berasal dari aki baterai yang dimanfaatkan untuk menghidupkan motor listrik dan menggerakkan gear box. Nah, gear box inilah yang difungsikan untuk menggerakkan kaki robot tersebut.

Alumnus SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini mengatakan, dia tak seorang diri membuat robot T-Rex ini. Ada ayah dan tiga temannya yang tergabung di dalam tim Jagat Karya Kreasi yang membantunya.

Disebutkan Iqbal, alasannya membuat robot karena selama ini kebanyakan jenis robot semacam ini didatangkan dari luar negeri, seperti China, Jepang dan dari negara-negara Eropa.

Kreatif! Lulusan SMK Jogja Sulap Barang Bekas Jadi Robot T-Rex

"Selama ini robotik itu kan kebanyakan dari China. Kita pengen bikin juga yang se-real mungkin, kemudian dapat ide T-Rex ini. Karena (dinosaurus) familiarnya ganas, liar, kita coba ingin menjinakkannya," ujarnya.

Robot T-Rex, menurut Iqbal memang bukan pertama kalinya ada di Indonesia. Namun dia mengklaim, karya ini adalah robot T-Rex pertama di Indonesia yang bisa berjalan.

Iqbal melanjutkan, robot T-Rex yang dibuatnya merupakan hasil terobosan baru. Sebab, melalui robot ini, masyarakat terutama anak-anak bisa berinteraksi secara langsung dengan animasi hewan purba dinosaurus.

"Kenapa kami membuat T-Rex, karena kami juga ingin mengedukasi anak-anak tentang hewan purbakala," jelasnya.

Dengan bobot 25 kilogram, robot T-Rex kreasi Iqbal dan timnya ini bisa berjalan membawa gerobak meski di atas gerobak ditumpangi anak-anak. Iqbal menjelaskan, beban yang bisa dibawa robot ini maksimal 50 kilogram.

Diakui Iqbal, robot ini belum sempurna. Harapannya, dia bisa mengembangkan robot tersebut lebih sempurna dengan berbagai konsep baru, antara lain, membuat robotnya bisa berjalan dengan empat kaki. 

"Kalau dua kaki (seperti sekarang) jalannya tidak imbang, makanya kami pakai kereta (gerobak). Kalau (robot T-Rex) empat kaki mungkin bisa membawa anak-anak tanpa gerobak," tutupnya.

 

Sumber: https://inet.detik.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image