Terus Berbagi, Tetap Berinovasi -Pesan Walikota Dalam Peluncuran Hasil Revitalsasi SMK Wikrama Bogor

oleh Endang Sadbudhy Rahayu 2.191

Menonton film pendek, memasuki galeri, mencoba aplikasi karya siswa dan memetik sayuran di green roof, adalah sebuah pemandangan lain yang terjadi pada Senin, 18 Desember 2017 di SMK Wikrama Bogor. Sekolah ini meluncurkan hasil Revitalisasi SMK Tahun 2017. Diawali dengan Upacara Bendera yang dipimpin langsung oleh Walikota Bogor Dr H. Bima Arya Sugiarto, dilanjutkan dengan peresmian penggunaan gedung sinema –ruang praktik perfilman-, ruang Teaching factory yang telah dibranding oleh PT Imobi serta pameran berbagai aplikasi karya siswa dan guru, kunjungan ke gallery produk pemasaran, serta panen sayuran di kebun sekolah hasil kegiatan ekstrakurikuler semua juruan di kebun di atap sekolah, diiringi permainan angklung siswa yang telah memenangi kejuaraan angklung tingkat ASEAN.

Mengutip laporan Kepala SMK Wikrama Bogor Iin Mulyani menyampaikan capaian Revitalisasi, SMK Wikrama Bogor di tahun 2017, yaitu :

  1. Pengembangan dan Penyelarasaan kurikulum bersama dengan Intitusi pasangan, dengan terbentuknya kurikulum berbasis industri untuk kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia;
  2. Pengelolaan dan penataan kelembagaan, antara lain tersusunnya Standar Opreasi Prosedur dan Instruksi Kerja revisi 2017;
  3. Pemenuhan dan Peningkatan Profesionalisme Guru dan Tenaga kependidikan dengan penambahan jumlah guru dan magang guru produktif di industri;
  4. Inovasi Pembelajaran, yang pada tahun ini telah menyusun materi ajar berbasis video, meningkatnya rataan score sertifikasi bhs. Inggris, dan penguatan literasi berbasis IT. Program literasi ini mendapat dukungan yang luar biasa dari yayasan Prawitama dengan adanya perluasan ruang baca, pembangunan pojok baca, dan kegiatan pembiasaan membaca 15 menit sebelum KBM telah kami laksanakan disertai dengan pembangunan aplikasi membaca cepat.
  5. Standarisasi Sarana dan Prasarana, capaian yang diraih adalah terbangunnya Ruang Praktik Siswa (RPS) Cinema (perfilman) dan RPS Software House yang akan dimanfaatkan untuk implementasi kegiatan Teaching Factory
  6. Kerjasama dengan DU/DI. Adapun DU/DI yang hadir saat itu adalah PT Immobi Solusi Prima, CV IDS (yang berperan aktif dalam proses pembelajaran), Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia (APJII), Rumah teknologi Cyberlabs, Smart Solution Indonesia, KPP Technology, Rentis dan Sundanese Technology. Pihak DU/DI yang hadir saat itu mengikuti kegiatan sarasehan dan penandatanganan MOU dengan SMK Wikrama Bogor.

                Dalam amanatnya Wali Kota Bogor menyampaikan harapan bahwa agar Warga Bogor, khususnya lulusan SMK Wikrama Bogor untuk mampu menjadi warga Kosmopolitan yang menguasai budaya dan kearifan lokal, mampu beradaptasi di dunia internasional dan mampu berfikir global. Wali Kota Bogor mengapresiasi civitas akademika SMK Wikrama Bogor sebagai sekolah yang membawa pembaruan dan siap menjadi agen perubahan. Hal ini ditegaskan dengan seringnya SMK Wikrama Bogor menjadi tempat studi banding sekolah lain. Namun demikian, Bima Arya juga mengingatkan, agar SMK Wikrama selain aktif berbagi namun agar tetapterus berinovasi. Karena justru dengan inovasi yang telah dilakukan yang menjadi daya Tarik sekolah lain berkunjung dan ingin belajar dari SMK Wikrama. SMK Wikrama Bogor, sejak menjadi Sekolah Adiwiyata telah menerima kunjungan lebih dari 5.000 sekolah, bahkan dari delegasi luar negeri, termasuk Jerman. Acara peluncuran Capaian Revitalisasi SMk Wikrama Bogor juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor dan pejabat lainnya. Lebih lanjut Bima Arya menegaskan, bahwa sekolah juga harus peka terhadap perkembangan di daerahnya, kalau akan menyiapkan tenaga kerja, perlu pemetaan jumlah kebutuhan tenaga dan spesialisasinya. Misalnya, menyiapkan tenaga kepariwisataan, jenis pekerjaan apa dan berpa jumlah kebutuhannya, berapa jumlah hotel yang tersedia, berapa jumlah kamar yang ada. Ini yang akan menjadi komitmennya dalam mengembangkan dan menata SMK di Kota Bogor. Sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan pemetaan kondisi SMK di wilayah binaannya seiring dengan arah pengembangan kota Bogor.

                Dalam peluncuran capaian revitalisasi ini juga dilaksanakan penandatangan naskah kerjasama dengan idustri, hal istimewa yang dapat disaksikan adalah bahwa sebanyak 7 perusahaan mitra adalah yang dimiliki dan dipimpin oleh para alumni SMK Wikrama Bogor. Para alumni tersebut adalah, 1) Syarif Hidayatullah (lulus tahun 2007)-CEO Ciberlabs; 2) Ryzky Muhammad (lulus tahun 2014)-CEO KPP Technology; 3) Lutfi Hakim (lulus tahun 2011)-CEO Sundanese Technology; 4) Adam Nurzaman (lulus tahun 2013)-CTO PT Rentist (Rental Spesialis Indonesia); 5) Rizki Erdianto (lulus tahun 2013)-CEO Smart Solution Indonesia; 6) Fahmi Nurrahman (lulus tahun 2011)-PT Zamasco Mitra Solusindo; 7) Darias Al Mufti (lulus tahu 2014)-PT Nawatech, yang mengembangkan usaha di Bogor, Bandung maupun Jakarta. Hal ini menggambarkan bahwa SMK Wikrama Bogor telah mampu meyakinkan masyarakat tentang kualitas pembelajaran yang membuahkan lulusan berkualitas pula. Sebuah indikator kepercayaan dunia usaha terhadap SMK ketika industri bersedia menggandeng SMK sebagai mitra bisnisnya. Dan ketika industri itu dibangun oleh alumni, maka kita mendapat gambaran bahwa alumni mengakui kualitas pembelajaran yang diperolehnya, demikian juga kualitas yang diperoleh adik kelasnya. Tepuk Salut untuk SMK Wikrama Bogor. SMK bisa! SMK Hebat! 

Beri nilai konten ini  
Responsive image