Wapres: Gabungkan Pendidikan dan Praktik Produksi, Contohlah ATMI

oleh Apriliyadi 161

Solo, ANTARA JATENG - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla berharap lembaga pendidikan bisa mencontoh Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Solo, Jawa Tengah, yang telah menggabungkan pendidikan dan praktik produksi kepada para mahasiswanya.

"Saya mengapresiasi atas apa yang sudah kami kunjungi, bagaimana latihan bisa digabungkan dengan produksi sehingga mahasiswa betul-betul mengerti dan bisa menjalankan produksi dengan tepat," kata Wapres pada kunjungannya di Kampus ATMI Solo, Selasa.

Ia mengatakan praktik produksi dengan memperhitungkan akurasi memperlihatkan bahwa apa yang sudah dikerjakan di ATMI merupakan hasil dari pendidikan yang baik. 

Wapres menilai penggabungan antara pendidikan dengan praktik produksi memberikan dampak yang positif bagi kemajuan sektor industri di dalam negeri.


"Negara apapun butuh industri karena hanya itu yang dapat memberikan lapangan kerja yang besar dan nilai tambah besar bagi negara. Dibandingkan satu hektar lahan, paling tinggi orang bisa kerja tiga orang, sedangkan satu hektar industri bisa mempekerjakan lebih dari 300 orang dengan upah yang lebih tinggi," katanya.

Di sisi lain, dikatakannya, perkembangan teknologi dewasa ini sangat luar biasa. Kondisi tersebut juga memberikan dampak yang besar bagi industri.

"Saya pastikan Menteri Tenaga Kerja akan `ngiler` kalau melihat teknologi yang diterapkan di ATMI ini. Sangat maju dibandingkan dengan balai latihan kerja yang ada di daerah-daerah," katanya.

Terkait dengan hal itu, pihaknya berharap agar penerapan teknologi dan sistem pembelajaran di ATMI terus dijaga dengan baik.

"Di sini bukan hanya mesin tetapi juga otak, pikiran, dan kedisiplinan yang kuat itu dapat dimanfaatkan bagi industri," katanya.

Pada kunjungan tersebut, wapres didampingi oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Editor: Zuhdiar Laeis 

Pewarta : Aris Wasita Widiastuti

Sumber: antarajateng.com 

Beri nilai konten ini  
Responsive image