Berliterasi Melalui Ekspresi Di Pojok Kelas

oleh Yuli Setiawan 244

Gerakan Literasi Sekolah sudah digaungkan sejak akhir 2015 dengan pembentukan Satuan Tugas Gerakan Literasi Sekolah (Satgas GLS) dalam lingkup Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, sebagai tindaklanjut atas terbitnya Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Seiring dengan geliat literasi, sekolah-sekolah mulai menggiatkan aktivitas berliterasi antara lain dengan kegiatan 15 menit membaca buku/ bahan bacaan non pelajaran sebelum jam pembelajran setiap hari. Kegiatan tersebut merupakan aktivitas pembiasaan agar seluruh warga sekolah mempunyai sikap cinta/ gemar membaca.

Sebagai sekolah Industi Kreatif, SMKN 5 Yogyakarta dengan bidang keahlian Kriya Kayu, kriya Kulit, Kriya Tektil, Kriya Logam, Kriya Keramik, Animasi dan Desain Komunikasi Visual, memanfaatkan tema literasi untuk memotivasi peserta didik dan jurusan-jurusan untuk menyajikan pojk baca di setiap kelas, jurusan maupun unit-unit yang ada di sekolah. Setiap kelas tersedia pojok baca dengan bahan bacaan buku-buku hiburan maupun referensi yang selaras dengan kejuran masing-masing.

Dengan memanfaatkan berbagai bahan daur ulang, seperti kardus, pigura, rak dari peti kemas dan bahan lainnya, setiap kelas berkreasi untuk menyajikan sebuah pojok baca dengan tema terentu yang kreatif dan nyaman. Hasil karya siswa berupa batik, keramik, lukisan melengkapi -sebagagi ornamen- atas kehadiran pojok baca di kelas-kelas maupun jurusan.

“ini sebuah upaya menanamkan kepedulian terhadap kelas dan area kerja mereka sendiri” demikian disampaikan Ibu Wiwik Indriyani, Kepala SMKN 5 Yogyakarta. “kelas maupun area jurusan menjadi lebih bersih dan tampil lebih dinamis, karena tembok yang kotor digantikan dengan karya lukis siswa”, demikian imbuhnya.

Kegiatan Pembuatan Pojok Literasi ini merupakan kegiatan yang dilombakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus Bulan Bahasa tahun 2017. Tidak hanya menitik beratkan pada lomba, tetapi keleluasaan berskpresi menjadi tujuan dalam memberi makna Literasi. SALAM LITERASI ! SMK Bisa! SMK Hebat!

Penulis : Endang Sadbudhy Rahayu-Direktorat PSMK

Beri nilai konten ini  
Responsive image