Lulusan SMK Negeri 3 Manado Kini Bisa Go International

oleh Yuli Setiawan 1.877

Program Pendampingan dan Revitalisasi yang kini lagi bergulir di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Manado, bisa mendorong akselerasi pendidikan tepat guna, khususnya untuk para lulusan untuk bisa bekerja hingga ke luar negeri.

SMK Negeri 3 Manado termasuk di antara 125 sekolah se-Indonesia yang terpilih menerima program tersebut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Ada 9 ribu SMK di Indonesia dan hanya 125 SMK yang dapat program pendampingan dan publikasi revitalisasi ini,” ujar Kepala SMK Negeri 3 Manado Dra Frolly Anthoneta Togas MPd Senin 4 September 2017.

Lewat program itu pemerintah pusat bermaksud memberikan penguatan terhadap program keahlian yang akan diunggulkan di sekolah. Di SMK Negeri 3 operasionalisasi program pendampingan dan revitalisasi akan berlangsung 4-8 September 2017.

“Nantinya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai wadah untuk uji kompetensi keahlian kejuruan bagi siswa yang akan tamat atau lulus, sertifikat mereka dapat digunakan untuk salah satu syarat kerja di dunia usaha baik nasional maupun internasional,” cetus Frolly.

Diketahui, aspek yang dimantapkan kembali yaitu pengembangan dan penyelarasan kurikulum, standarisasi sarana dan prasarana utama, pengelolaan dan penataan kelembagaan. Sedangkan sasaran unggulan yang dicapai kata Frolly, yaitu di bidang jasa boga, akomodasi perhotelan, tata kecantikan, tata busana dan usaha perjalanan wisata.

Sumber: http://kabarmanado.co

Beri nilai konten ini  
Responsive image