Mendikbud Buka O2SN 2017 di Medan

oleh Ade Luqman 648

Medan : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membuka secara langsung pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional. Pembukaan di  Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Jalan Willem Iskandar, Medan, Sumatera Utara, Senin (4/9/2017).

"Saya juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen yang ikut serta dalam O2SN dan bersama-sama untuk memeriahkan event ini," kata Menteri Muhadjir, dalam sambutannya.

Melalui even O2SN, diharapkan para siswa berkompetisi dengan semangat demi meraih prestasi yang lebuh baik. Diharapkan pula, ajang O2SN mampu melahirkan atlet handal   yang dapat mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia.

"Seiring dengan itu, ini dapat membuat kita semakin besar, semakin berwibawa, dan semakin tingginya martabat Indonesia di tengah-tengah negara maju lainnya. Maka kejarlah prestasi setinggi mungkin, jangan kenal menyerah dan berikan yang terbaik untuk daerah masing-masing yang sekaligus juga mencerminkan prestasi baik di tingkat nasional," harapnya.

Sementara, Ketua KONI Pusat Tono Suratman berharap pada pelaksanaan O2SN dimasa mendatang dapat mempertandingkan banyak cabang olahraga.

“Antara Kemendikbud dengan KONI tentu sudah menjalin hubungan yang erat demi sukseskan semua even olahraga. O2SN ini juga menjadi cikal bakal atlet yang bisa membela Indonesia di ajang internasional seperti SEA Games." ucapnya.

Menteri Muhadjir menegaskan Kemendikbud memiliki hubungan yang baik dengan KONI untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

"Ini pertanda bahwa antara Kemendikbud dengan KONI telah terjalin hubungan yang sangat baik dan akan terus meningkat di masa-masa yang akan datang demi memajukan olahraga nasional kita," tegas Menteri Muhadjir.

O2SN diikuti 1.904 peserta dari berbagai jenjang pendidikan mulai SD, SMP, SMA, SMK, dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) dari 34 provinsi seluruh Indonesia. O2SN tahun ini mempertandingkan 9 cabang olahraga yakni atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, senam, catur, bocce, dan balap kursi roda. Pertandingan  dipusatkan di venue olahraga Unimed dan sejumlah hotel.

Acara pembukaan dihadiri pula oleh Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad; Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung; dan  unsur SKPD Pemprovsu dan unsur Forkopimda Sumut. 


Sumber: rri medan

Beri nilai konten ini  
Responsive image