Seorang Guru Menanti 11 Tahun Untuk Mengembalikan Uang Yang Ditemukannya...!!!

oleh Yuli Setiawan 1.607

Coretan ini DIDEDIKASIKAN kepada Seluruh Guru se Kota dan Kab Bima. 

[Cerita Ini Ditulis langsung Oleh Pemilik Uang Yang Hilang 11 Tahun yang Lalu, Iptu Sugeng Iryanto, Kanit Resmob Polres Malang]

Suatu hari di Bulan Oktober 2006,  Pagi pagi saya ke Kantor untuk mengambil gaji saya. Lalu kemudian, seperti biasa, saya melaksanakan tugas rutin sebagai peyelidikan di Polresta Malang. Selepas waktu Ashar, saya melintas di Jl Polowijen, lalu menyempatkan Shalat di sebuah Masjid. 

Setelah selesai shalat, saya langsung melanjutkan jalan pulang. Ditengah jalan, baru saya menyadari, entah bagaimana slip Gaji saya tertinggal di Masjid tempat saya sholat atau mungkin Hilang saat perjalanan dari ke kantor ke Masjid. Gaji itu sedianya untuk membayar Tukang bangunan untuk merenov rumah saya yg pada bocor sana sini pada saat itu. 

Antara putus asa dan gundah gulana, karena hanya gaji itu yg menjadu pegangan.  Saya putar balik berusaha mencari slip gaji tersebut kesana kemari termasuk kembali ke masjid tempat saya Shalat Ashar pada saat itu. Namun nihil, saya kembali dg tangan hampa. Slip gaji beserta isinya hilang tanpa bekas. Saya berusaha pasrah dan ikhlas. Saya instropeksi diri dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.  Istri saya sempat menangis karena hanya itulah yg kami punya saat itu. Innanilahi waiina ilaihi rojiun.

Waktupun terus berjalan dan saya sudah mengikhlaskannya, sehingga betul-betul saya sdh melupakannya dan mungkin karena saya Ikhlas, Allah SWT mencukupkan kebutuhan saya bahkan di tahun 2013 saya berhasil lolos seleksi perwira POLRI dan menyelesaikan dg baik.

Saat jam istrahat kantor, kamis siang, tanggal 10 Agustus kemarin, saya di Telp oleh Anggota saya, Bripka Didik dan menanyakan apakah di tahun 2006 pernah kehilangan uang gaji berserta slipnya di sebuah masjid...?? Saya pun bingung, lalu mencoba mengingat dan saya menjawab "Iya, Benar" Masih dengan dahit berkerut. "Mohon ijin Ndan, Ada Bapak2 yg bertemu dgn saya saat ini dan ingin bertemu dgn Bapak untuk mengembalikan Gaji bapak beserta slipnya itu" Jawab Bripka Didik.

Subhanalloh.... 11 Tahun yg Lalu? Dan uang gaji saya kembali.... bukankah ini sebuah kebesaran Tuhan yg ditampakkan di depan saya? Bukan nilainya sebenarnya tapi siapakah orang yg berhati mulia tersebut ? Seperti apa sosoknya? Luar biasa sekali orang ini ... langka bahkan mustahil ada, yaa saya harus menemui orang ini utk mengucapkan rasa terimakasih saya serta berniat untuk berguru pada beliau yg menurut saya Luar biasa Baik dan Amanah ini....

Singkat Kata bertemulah saya dg beliau sosok yg santun dan sederhana yg tak banyak bicara namun kelihatan cerdas. Beliau bernama Badrun. Seorang guru di SMKN 3 Kota Bima - Provinsi Nusa Tenggara Barat. Beliau katakan bahwa dia menunggu waktu 11 Tahun utk dapat mengembalikan slip gaji saya. 

Diceritakanlah oleh pak Badrun, bagaimana kronologi pada saat menemukan uang tersebut. Ternyata beliau saat itu pun singgah sholat di masjid itu selepas saya meninggalkan masjid pada saat itu. Pada saat salam, ia melihat Amplop slip gaji beserta isinya, beliau berusaha bertanya kpd orang2 dlm masjid yg memiliki slip gaji itu. Namun tak ada yg mengetahui, lalu beliau mencari orang bernama Sugeng Iryanto disekitar tempat itu tetapi tdk ada.  Karena hari itu juga beliau harus kembali ke Bima, maka dibawalah  uang gaji tersebut ke Bima karena takut bila diserahkan orang lain orang yg belum tentu Amanah. 

Sehingga berlalulah waktu 11 tahun dan Allah SWT memberi kesempatan beliau untuk datang ke Kota Malang, mengikuti semacam diklat khusus di VEDC, jl Arjosari Malang. Beliau bertanya kepada masyarakat sekitar sehingga akhirnya bisa terhubung dgn Anggota Saya Bripka didik.

Saya Terharu bahkan hampir menangis mengetahui slip gaji saya masih utuh, bahkan di tambah isinya. Saya katakan saya ikhlas dan berniat  menyerahkan kembali uang tersebut kepada Sdr Badrun. Namun, beliau menolak dg halus dan akhirnya terjadi kesepakatan. Saya belikan saja Kambing pada saat Idhul Qurban (Idul Adha) nanti dari uang tersebut, agar kami bisa berbagi Pahala dan menyerahkan urusan ini kepada Allah SWT. 

11 tahun yg penuh dgn penantian, Pahala 'mengalir' selama waktu tersebut dan biarlah Allah SWT yang memberi balasan Amal ibadah beliau didunia dan akhirat. 

Saya,  Iptu Sugeng Iryanto Kanit Resmob Polresta Malang, mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga kepada sdr Badrun.

BERBANGGALAH warga BIMA, karena memiliki salah satu warga seperti Beliau dan saya sampaikan kepada Bapak Walikota Bima beserta jajarannya agar memperhatikan Beliau. Karena sosok seperti Sdr Badrun amatlah langka dan layak mendapatkan apresiasi atas kejujuran beliau. 

Saya yakin sebenarnya beliau, sdr Badrun, tidaklah mengharap apapun selain Ridlo Alloh SWT. Saya yakin suatu saat Allah SWT akan mengangkat derajat beliau dan semoga di Kota Bima akan memperoleh kemajuan yg luar biasa karena pemikiran dg akhlak baik beliau. 

Saya Berdoa semoga Allah SWT memanjangkan umurnya, memberikan Hidayah serta Inayah. Memberi rejeki dan Cinta yg tak pernah putus kepada Sdr Badrun beserta Keluarga dan sejuta doa kebaikan lainnya yg tak bisa saya sebutkan disini UNTUK WARGA BIMA. Salam dari Kami Para Arema dari Kota Malang Tercinta dan semoga tetap terjalin tali silahturahmi di antara Kita. Aamiin....!!!
_____
๐ŸŽ–๐ŸŽ–๐ŸŽ–๐ŸŽ–๐ŸŽ–
(Status diatas, 10% sudah sy edit tanpa mengubah maksud dan makna yg tersirat dlm tulisannya - Tulisan Asli silahkan dilihat pada wall FB pak Sugeng)
------------------------- 

Pak Badrun saat ini adalah Wakasek Kurikulum SMKN 3 Kota Bima, berakun FB Badrun Sinbad. Memiliki 2 org anak hasil pernikahan dgn Ibu Susnita Al-badri.

Sebuah Kisah dari Tanah Malang untuk KADO di HUT RI ke 72 untuk Kota Bima tercinta....!!! 

Kisah Inspiratif yang tak lekang oleh waktu....!!
Kisah teladan yg tak sirna oleh senja....!!!
Cerita yang penuh Hikmah....!!!

Di DEDIKASIKAN KEPADA ORANG2 BAIK DITANAH YANG BAIK INI....!!!

Ayo kita sampaikan salam kepada Pak Badrun di SMKN 3 Bima.
Beri nilai konten ini  
Responsive image