SMKN 2 Juara Pertama Lomba Musikalisasi Puisi

oleh Yuli Setiawan 2.102

Puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono berhasil mengantarkan 5 siswa SMKN 2 Balikpapan yakni Alfa, Aris, Farhat, Nabila dan Imel berhasil meraih juara pertama lomba musikalisasi puisi tingkat SLTA Se-Kaltim dan Kaltara, yang digelar Hotel Mesra Samarinda, Sabtu (5/8).

“Ini merupakan suatu kompetisi yang sangat penting dalam mengembangkan kreativitas siswa. Alhamdulillah SMKN 2 berhasil meraih juara 1 lomba musikalisasi puisi," kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 2 Balikpapan, Muhlis, kepada Balikpapan Pos, Minggu (6/8).

"Anak-anak memang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba musikalisasi puisi ini, tidak salah kalau mereka juara karena persiapannya bener-bener matang," akunya.

Muklis merasa bangga dengan keseriusan peserta didiknya yang tentunya semua itu tidak lepas dari dukungan kepala sekolah dan orang tua siswa.

"Terima kasih anak-anakku, keringat dan semangat kalian telah berbuah manis. Selamat atas prestasinya," ucapnya.

Dengan keberhasilan membuat para siswa yang  tergabung dalam sanggar Lampit Saga Skada ini akan mewakili Kaltim dan Kaltara dalam lomba yang sama ke tingkat nasional di Jakarta dalam acara Pekan Bahasa Oktober mendatang.

"Kemarin saingan terberat mereka di final itu dari Bontang dan Samarinda. Alhamdulilah mereka berhasil meraih hasil yang terbaik," katanya.

Di balik kesuksesan anak-anak yang tergabung dalam kelompok musikalisasi puisi SMKN 2 dan dibawah asuhan pelatih ibu Retno Widawat ini, ada proses yang harus diperjuangkan, seperti membuat lagu dalam aransemen musik etnik, latihan, sampai persoalan pribadi.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT ternyata Siswa SMKN 2  memiliki bakat serta prestasi yang gemilang dalam bidang ini. Untuk itu mereka layak dijadikan contoh bagi siswa yang lain dalam meraih prestasi baik dalam bidang akademik maupun seni,” ujarnya.

Ia menambahkan, jeri payah yang ditempuh anak asuhnya untuk menjadi yang juara pertama membutuhkan satu minggu dalam mengaransemen dua buah lagu. Masing-masing satu puisi wajib dengan judul puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono.

"Ini merupakan yang pertama kalinya kami keluar sebagai juara dan alhamdulillah di luar dugaan tim kami yg terbaik dalam pementasan. Festival ini tidak mudah karena puisi bukan dibacakan tapi harus dinyanyikan dengan aransemen musik jadi satu paket," tandasnya.

Ia berharap, ditingkat nasional nanti anak didiknya bisa mengulang kesuksesan dan membanggakan sekolah dan Kota Balikpapan.

"Semoga mereka memberikan penampilan yang terbaik nantinya di Jakarta. Untuk itu latihan akan ditingkatkan  lagi," tandasnya.


Sumber: http://balikpapan.prokal.co

Beri nilai konten ini  
Responsive image