SMKN 6 Balikpapan Rebut Penghargaan Sekolah Adiwiyata 2017

oleh Yuli Setiawan 998

ekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 6 Balikpapan berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingak Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2017.

Penghargaan ini diberikan lansung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroeq Ishak kepada Kepala SMKN 6 Balikpapan, Drs. H. Asmid Noor , M.Pd dalam acara penyerahan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Kaltim, di Lamin Etam, Samarinda, Selasa (13/6).

"Alhamdulillah, kali ini sekolah kita mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi. Ini merupakan prestasi yang cukup menggembirakan. Terima kasih kepada seluruh pihak sehingga prestasi ini dapat kita raih," ujar Ketua koordinator Adiwiyata SMKN 6
Balikpapan, Ani Astuti, saat di temui Balikpapan Pos di SMKN 6 Balikpapan,  Kamis (15/6).

Keberhasilan yang di capai kata Ani, melalui berbagai seleksi yang cukup ketat dan cukup panjang mulai dari tingkat kota hingga akhirnya berhasil meraih penghargaan untuk ditetapkan menjadi sekolah Adiwiyata Provinsi.

Menariknya SMKN 6 Balikpapan merupakan satu-satunya wakil dari Balikpapan untuk jenjang SMA/SMK Sederajat yang lolos hingga tingkat  Provinsi Kaltim setelah melalui berbagai tahapan visitasi bersama sekolah lainnya.

“Tentunya ini juga tidak lepas dari peran dan dukungan dari pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Lingkungan Hidup yang ikut memberikan dukungan," ungkapnya.

Keberhasilan SMKN 6 Mendapatkan Piala dan Piagam Adiwiyata merupakan hasil kerja keras dari pihak sekolah, sebab persiapanya sudah dari tahun 2016.

Lanjutnya,  SMKN 6 sudah dua kali berturut-turut mendapatkan piagam adiwiyata, yang pertama tingkat kota dan kini telah meraih Piala dan piagam Adiwiyata Tingkat provinsi.

“Ya kita berharap SMKN 6 Balikpapan ini dapat meraih piala dan piagam tingkat nasional” tuturnya

Ia juga berharap agar siswa dapat membiasakan diri untuk melakukan dan menjaga kebersihan lingkungan terbesar mereka sebagai bentuk apresiasia mereka terhadap cinta lingkungan. Kami mengimbau setiap siswa minimal kehidupan mereka kedepan akan ingat kebersihan.

“Semoga apa yang kita harapkan pada siswa ke depan mereka juga dapat menjaga kebersihan lingkungan” harapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama seluruh jajaran dewan guru dan karyawan merasa bersyukur atas prestasi yang ditorehkan SMKN 6 Balikpapan. Hal ini katanya merupakan prestasi kinerja kolektif yang dibangun oleh seluruh tim.

“Oleh karenanya kami berharap sebagai wujud rasa syukur seluruh elemen guru dan karyawan untuk dapat tetap komitmen dalam menjaga dan melestarikan budaya sekolah yang berwawasan lingkungan,” tegasnya.

Sehingga kedepannya mampu mewujudkan sekolah adiwiyata mandiri dan mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden RI. Sebagaimana program yang telah dicanangkan oleh Kementerian LH dan Kemendikbud bahwa sekolah Adiwiyata Nasional kembali akan diseleksi untuk menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri dan mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden RI.


Sumber: http://balikpapan.prokal.co

Beri nilai konten ini  
Responsive image