Kemendikbud Tunjuk SMK-N 3 Kota Tangerang Jadi Duta Program Revitalisasi

oleh Yuli Setiawan 1.033

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dalam empat program revitalisasi penggerak ekonomi masyarakat mendelegasikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Tangerang sebagai sekolah yang dikonsentrasikan untuk mengembangkan bidang parawisata.

Seperti diketahui bahwa ada sebanyak 3 sekolah kejuruan dan plus 1 sekolah pendamping di Banten yang mewakili ikut dalam memberdayakan revitalisasi yang bertujuan mengangkat pemberdayaan ekonomi masyarakat dari pemerintahan pusat.

“Ada beberapa item terkait program revitalisasi yang digelontorkan pemerintah dalam menunjang keberhasilan perbaikan ekonomi kedepan, yakni menselaraskan kurikulum, networking kepada mitra atau instansi terkait, penguatan sumber daya manusia bagi guru pengajar dan memberikan kematangan keilmuan siswa,” ucap Kepala SMKN 3 Kota Tangerang, Endah Resmiati, kepada PenaMerdeka.com, Sabtu (11/6).

Kata Endah melanjutkan bahwa konsentrasi pihaknya pada bidang parawisata, karena ia mengklaim ada sejumlah prestasi yang sudah dikantongi oleh sekolahnya di bidang tersebut.

“Artinya tidak ujug-ujug kami dipercaya langsung mewakili Banten untuk program nasional ini,” tegasnya.

Sekarang ini menurutnya, para guru kami diterjunkan dalam teaching factory atau magang dimana mereka diberikan bekal keilmuan sesuai bidang tersebut.

“Sekarang guru di SMK kami sedang mendapat learning dari salahsatu hotel di bilangan Tangerang. Ilmu yang didapat dari hotel profesional akan ditularkan kepada murid,” ucap Endah.

Maka itu kami juga dibimbing oleh pihak akademisi dan badan standar nasional dalam menjalankan program revitalisasi tersebut.

Dan program ini akan berakhir pada tahun November 2017. Dalam kesempatan ini siswa juga didorong untuk bisa menciptakan jiwa enterpreneurship sesuai dengan yang tercantum dalam kurikulum, disebut teaching factory karena setelah mereka menciptakan suatu produk maka harus bisa memasarkannya juga untuk dijual.

“Ditunjuknya SMKN 3 Kota Tangerang diharapkan bisa menciptakan siswa yang handal, khususnya di bidang keparawisataan, jadi diharapkan akan mampu bersaing di era jaman yang penuh dengan perkembangan IT dan digital,” ujarnya.

Jadi program pemerintah yang sudah di kaji ini disesuaikan dengan perkembangan jaman agar tidak ketinggalan mengejar pendapatan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian, parawisata, kemaritiman serta yang terakhir adalah penajaman sektor industri kreatif.

Sementara terkait anggarannya kata Endah dari pusat langsung, kami hanya diberikan program dan SDM pendampingan saja.

Jadi sekolah kejuruan yang khusus ikut mewakili provinsinya masing dalam empat program revitalisasi ada 125 sekolah dan sebanyak 94 sekolah pendamping yang pada Mei 2017 lalu sudah mengikuti program tersebut.

Pembukaannya langsung dilakukan oleh Muhaddjir Efendi selaku Mendikbud dan Puan Maharani sebagai Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Sumber: http://www.penamerdeka.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image