Pelatihan E-learning/Montage di Palangka Raya

oleh Yuli Setiawan 3.407

ADA APA DENGAN PELATIHAN PROGRAM MONTAGE ( E-LEARNING ) DI PALANGKA RAYA ?



British Council Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (Departemen Pendidikan Nasional), Dinas P dan K Propinsi Kalteng, dan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya akan mengembangkan konsep pendidikan dengan mengoptimalkan media internet sebagai sarana pemelajaran dan informasi melalui Program Montage. Program electronic learning ( e-learning ) ini berbasis global internet yang ditujukan untuk sekolah baik SD/MI, SMP/M.Ts, SMA/SMK/MA sebagai sarana berkomunikasi dan bertukar informasi tertulis beserta gambar dengan sekolah lain di dalam dan luar negeri dengan menggunakan internet, fax, scanner dan kamera digital.



Sebagai langkah awal sosialisasi dan implementasi program, pada tanggal 23, 24, 25 Maret 2004 akan diselenggarakan Pelatihan Montage, bertempat di SMKN 3 Palangkaraya. Sekolah ini ditunjuk karena memiliki fasilitas lab komputer, kurang lebih 10 unit komputer bahkan sudah terkoneksi dengan internet. Selain itu sekolah ini menjadi koordinator Jaringan Informasi Sekolah (JIS) Kota Palangka Raya yang memfasilitasi aneka kegiatan guru-guru pengajar komputer/penggemar komputer untuk sejumlah SD, SLTP, dan SLTA, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya.



Program Montage ini sangat sesuai dengan kebutuhan pendidikan di Indonesia dewasa ini dalam kaitannya dengan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Melalui program ini siswa-siswa di Indonesia dapat belajar secara interaktif dan menarik dengan siswa lain di seluruh dunia termasuk Inggris. Adapun kompetensi yang dapat diterapkan melalui metode ini adalah berkomunikasi, berkolaborasi, kemampuan dalam berbahasa Inggris dan memberikan akses materi pemelajaran. Untuk sekolah keikutsertaan dalam program ini dapat berpartisipasi pada program yang berskala internasional.



Diharapkan model alternatif pemelajaran ini antara lain dapat menjawab kebutuhan terhadap upaya terobosan dalam peningkatan kecerdasan intelektual/nalar dan sekaligus emosional siswa (kreatifitas, kerjasama, pengendalian/penyesuaian diri, inovasi, lateral thinking, dll). Mudah-mudahan juga akan menghibur Bapak/Ibu guru yang terhormat dalam mengurangi kejenuhan bekerja karena sehari-hari selalu berkutat dengan papan tulis, spidol/kapur tulis dan buku pegangan mengajar usang berdebu, padahal siswa kita selalu berganti tiap tahun dengan segala kehausannya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang up to date dan menggembirakan ( joyful ).



Program Montage didesain sebagai sistim pengajaran yang menggunakan metode lintas kurikulum, dapat diterapkan dan diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah di Indonesia sebagai sarana pengayaan materi pemelajaran. Program ini dapat ditawarkan ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Tentu penerapannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi kesiapan SDM, fasilitas, dan dana.



Tak berlebihan kalau dikatakan bahwa keterbukaan Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu guru terhadap inovasi baru menjadi faktor utama keberhasilan program apapun dalam meningkatkan kinerja pendidikan kita. Selanjutnya Komite Sekolah, Dewan Pendidikan, dan Dinas Pendidikan terkait menyambutnya dengan pengadaan dana operasional/fasilitas secara konsisten dan bertahap pula. Andaikata kita gagap dengan pertanyaan ?untuk apa alokasi dana pendidikan sebesar 20% dari APBN/APBD kelak digunakan ??, boleh jadi Program Montage ini menjadi salah satu jawabannya. Who knows, Program Montage pun bisa dilirik jika Bapak Gubernur/Bupati/Walikota berangan-angan untuk melekatkan predikat international standard pada salah satu jenjang pendidikan/sekolah di wilayahnya sebagaimana amanat rakyat yang tersurat pada Undang-undang No. XX/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Isen Mulang !.



Untuk dapat mengetahui lebih banyak mengenai program ini, dipersilakan mengakses web-site www.montageworld.co.uk atau dapat menghubungi:

Nana Bachri

Education Projects Officer

British Council

S. Widjojo Centre, 1st Floor

Jl. Jend. Sudirman Kav. 71

Jakarta 12190

Tel. (021) 2524122 Ext. 112

Fax. (021) 2524129

e-mail: nana.bachri@britishcouncil.or.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image