Pengumuman Hasil Test Prog. Diploma Guru Kejuruan

oleh Yuli Setiawan 7.924


Nomor : 2117/C5.3/PP/2004 16 Agustus 2004
Lampiran : 1 berkas
Hal : Pengumuman calon mahasiswa
program diploma guru kejuruan

Yth. 1. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota


Menindaklanjuti surat kami nomor : 0753/C5.3/PP/2004 tanggal 27 April 2004 hal Program Pendidikan Diploma Guru Kejuruan, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.Berdasarkan hasil seleksi ujian masuk yang dilaksanakan pada 30 propinsi, terlampir nama calon peserta yang dinyatakan lulus dan dapat mengikuti pendidikan program diploma guru kejuruan yang kami bagi dalam 2 kelompok seperti pada lampiran I a s.d. I f dan lampiran II a s.d. II f.

2.Penentuan calon peserta pada kelompok I dan II adalah berdasarkan nilai hasil seleksi, dimana kelompok I merupakan nilai tertinggi dan kelompok II nilai urutan kedua namun secara akademis telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti perkuliahan.

3.Sistem pendidikaan yang akan dilaksanakan pada program ini adalah sebagai berikut :
3.1.Pendidikan berlangsung selama 3 tahun atau 6 semester;
3.2.Tahun pertama, calon peserta berada di institusi pelaksana pendidikan;
3.3.Tahun kedua, calon peserta berada di lapangan untuk magang mengajar di SMK asal calon peserta atau di SMK lain yang ditunjuk oleh Pemda setempat;
3.4.Tahun ketiga, calon peserta kembali ke institusi pelaksana pendidikan.
3.5.Sesuai lembaran leaflet, bahwa untuk memperlancar pemelajaran, setiap peserta diwajibkan membawa komputer/laptop guna mengerjakan tugas-tugas/bahan ajar selama kuliah

4.Pengaturan sistem pembiayaan pendidikan dan bantuan biaya hidup adalah sebagai berikut :
4.1.Bagi calon peserta kelompok I (seperti pada lampiran I a s,d. If)
4.1.1.Biaya pendidikan selama 3 (tiga) tahun sepenuhnya dibebankan pada Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan dalam hal ini Bagian Proyek PPSK/PPPG Lingkup ?Kejuruan? sebagai penyelenggara Diklat;
4.1.2.Bantuan biaya hidup untuk tahun pertama dan tahun ketiga sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) per bulan dipotong PPh 15% sepenuhnya dibebankan kepada Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan/PPPG ?Kejuruan?. Mengingat dana Proyek tahun anggaran baru (tahun 2005) paling cepat baru keluar Mei 2005, maka bagi calon peserta kelompok I diharapkan dapat menanggulangi sementara biaya hidup untuk bulan Januari s.d. April 2005 dan biaya tersebut akan dibayarkan oleh Proyek lingkup PPPG ?Kejuruan? pada bulan Mei atau Juni 2005;
4.1.3.Biaya hidup untuk tahun kedua atau selama calon peserta melaksanakan magang/mengajar sepenuhnya dibebankan pada Pemda/Masyarakat/Yayasan/sponsor/SMK / Orang Tua;
4.1.4.Biaya perjalanan menuju institusi pendidikan pada awal tahun pertama dan pulang pada akhir tahun ketiga sepenuhnya dibebankan pada Peserta, Pemda/ Masyarakat/Yayasan/ Sponsor/SMK/Orang Tua;
4.1.5.Biaya perjalanan pada saat hendak melaksanakan dan setelah selesai magang/mengajar di salah satu SMK pada Kabupaten/Kota asal calon peserta, sepenuhnya dibebankan pada Peserta, Pemda/Masyarakat/Sponsor atau Yayasan;

4.2.Bagi calon peserta kelompok II (seperti lampiran II a s.d. II f )
4.2.1.Sehubungan keterbatasan dana, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan hanya dapat membiayai calon peserta seperti pada kelompok I a s.d. I f, sedangkan calon peserta seperti pada lampiran II a s.d. II f seluruh biaya pendidikan, biaya hidup, biaya transportasi dan biaya lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan menjadi tanggungan Pemda/Masyarakat/Yayasan/Sponsor/SMK/Orang Tua;
4.2.2.Biaya pendidikan wajib dibayar kepada institusi pelaksana, apabila tidak terpenuhinya biaya pendidikan mengakibatkan calon peserta tidak diperkenankan mengikuti perkuliahan dan dipulangkan ke daerah asal;
4.2.3.Biaya pendidikan dibayar sekaligus atau diangsur 2 kali (pada saat pendaftaran dan pada awal tahun II) yang dibayarkan langsung kepada institusi pelaksana pendidikan dengan rincian biaya sebagai berikut :
?Bagi calon peserta yang pendidikannya di Politeknik TEDC Bandung biaya pendidikan selama 6 semester sebesar Rp. 19.400.000,- (sembilan belas juta empat ratus ribu rupiah) diluar biaya hidup, buku dan lain-lain;
?Bagi calon peserta yang pendidikannya di Politeknik Profesional Mandiri Medan biaya pendidikan selama 6 semester sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diluar biaya hidup, buku dan lain-lain;
?Bagi calon peserta yang pendidikannya di Joint Program BA Malang (kerjasama PENS- ITS dengan PPPGT Malang) biaya pendidikan selama 8 semester sebesar Rp. 26.500.000,- (dua puluh enam juta lima ratus ribu rupiah) diluar biaya hidup, pembelian laptop/komputer , buku dan lain-lain;

?Bagi calon peserta yang pendidikannya di Program Diploma III Agribisnis Pertanian (kerjasama UNSOED dan VEDCA) biaya pendidikan selama 6 semester sebesar Rp. 13.000.000,- (tiga belas juta rupiah) diluar biaya hidup, buku dan lain-lain;
?Bagi calon peserta yang pendidikannya di Politeknik Seni Yogyakarta biaya pendidikan selama 6 semester sebesar Rp. 13.000.000,- (tiga belas juta rupiah) diluar biaya hidup, buku dan lain-lain
?Bagi calon peserta yang pendidikannya di Joint Program PPPG Kejuruan kerjasama dengan STP Trisakti dan Politeknik TEDC Bandung biaya pendidikan selama 6 semester sebesar Rp. 18.000.000,- (delapan belas juta rupiah) diluar biaya hidup, buku dan lain-lain

5.Peserta harus sudah melapor di masing-masing institusi pendidikan paling lambat tanggal 4 September 2004, dengan alamat sebagai berikut :
5.1.Joint Program BA Malang, Kampus PPPG Teknologi Malang, Jalan Teluk Mandar, Arjosari Malang, Telp. (0341)491239, 495849 dengan contact person Drs. Kasiman;
5.2.Politeknik TEDC Bandung, Kampus PPPG Teklnologi Bandung, Jalan Pesantren Km. 2, Cibabat, Cimahi Telp. (022) 6652326, 6654486 dengan contact person Lita Akhimelita, S.T;
5.3.Politeknik Pofesional Mandiri Medan, Kampus PPPG Teknologi Medan, Jalan Setiabudi 75, Helvetia, Medan Telp. (061) 8455417 dengan contact person Drs.Nispiansyah, M.Pd;
5.4.Politeknik Seni Yogyakarta, Kampus PPPG Kesenian, Jalan Kaliurang Km. 13,5 Ngaglik, Sleman Yogyakarta, Telp. (0274) 895803, 895804 dengan contact person Dra. Ainun Jariah M.Pd;
5.5.Program Diploma III Agribisnis Pertanian (kerjsama UNSOED dan VEDCA), Kampus PPPG Pertanian Cianjur, Block Pasir Lembu, Ds. Sukajadi Kec. Karang Tengah Cianjur, Jawa Barat Telp. (0263) 285003, faks (0263)285025 dengan contact person Ir. Anton Sugiri, M.P
5.6.Joint Program PPPG Kejuruan dengan STP Trisakti, Politeknik TEDC Bandung, Kampus PPPG Kejuruan, Jl. Raya Parung Km 22-23, Bojong Sari, Sawangan, Depok, Telp (021) 7431270-7431271- (0251) 616335, dengan contact person Dra. Evarinayanti E. Siswoyo, M.Ed.

6.Bagi calon peserta kelompok I yang mengundurkan diri selama mengikuti program pendidikan, seluruh biaya (uang kuliah, biaya hidup dan lain-lain) yang sudah diterima wajib dikembalikan ke negara;

7.Hal-hal yang perlu di bawa oleh calon peserta adalah :
7.1.Surat keterangan sehat dan tidak dalam keadaan hamil (bagi calon peserta wanita);
7.2.Khusus calon peserta kelompok I,
a.Surat keterangan kesanggupan dari Pemda/Sponsor/SMK asal calon peserta yang menyatakan kesediaan memperkerjakan/pengangkatan/penempatan yang bersangkutan sebagai guru SMK tidak tetap/kontrak/bantu setelah ybs selesai/tamat mengikuti pendidikan pada lingkup Kabupaten/Kota setempat, apabila tidak membawa surat keterangan tsb, seluruh biaya pendidikan dll menjadi beban ybs (biaya mandiri)
b.Surat pernyataan dari penyandang dana (Pemda Kab/Kota, Masyarakat, Yayasan, Sponsor, Orang Tua) tentang kesediaan menanggung biaya selama calon peserta magang mengajar sebagaimana tersebut pada butir 4.1.3.
7.3.Khusus calon peserta kelompok II, membawa surat pernyataan diatas materai Rp 6.000 dari penyandang dana (Pemda/Masyarakat/Yayasan/SMK/Sponsor/Orang Tua) yang menyatakan kesanggupan untuk menanggung seluruh biaya pendidikan calon peserta seperti pada point 4.2.1.
7.4.Khusus calon peserta program studi tata boga dan akomodasi perhotelan diwajibkan membawa pakaian kerja.

8.Selama masa pendidikan mahasiswa wajib mentaati tata tertib, ketentuan administrasi dan ketentuan akademis yang berlaku di setiap institusi, pelanggaran dapat mengakibatkan dipulangkannya mahasiswa ke daerah asal.

9.Hal-hal lain yang terkait dengan teknis pelaksanaan program ini, khususnya untuk calon peserta kelompok II, dapat langsung menghubungi pada masing-masing institusi.

Mohon pengumuman ini disampaikan kepada Kepala SMK lingkup wilayah Saudara, khususnya SMK asal calon mahasiswa yang namanya tercantum dalam lampiran surat ni.

Demikian kami sampaikan atas perhatian dan bantuan Saudara disampaikan terima kasih.

Direktur
Pendidikan Menengah Kejuruan,



Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto
NIP. 130675814
Tembusan :
1.Direktur Jenderal Dikdasmen ? Depdiknas;
2.Bupati/Walikota setempat;
3.Kepala PPPG ?Kejuruan?;
4.Kasubdit Manajemen Sekolah, Dit. Dikmenjur;
5.Pembagpro PPSK.
Beri nilai konten ini  
Responsive image