Program SMK 2007

Oleh: Yuli Setiawan · Senin, 26 Maret 2007 00.00 · 15.919

Bagikan
Pengembangan SMK di Indonesia sudah menjadi Isyu utama tidak hanya dalam dunia pendidikan, tetapi dalam Kehidupan Pemerintahan di Indonesia saat ini.

Beberapa indikasi mengenai hal tersebut adalah dapat ditangkap dari kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh khususnya Departemen Pendidikan Nasional yang memasukkan dalam butir utama Rencana Strategis 2005-2009 salah satunya adalah menambah jumlah dan meningkatkan kualitas SMK di Indonesia.

Rasio siswa SMK:SMA di tahun 2009 minimal harus pada posisi 40:60, dimana posisi pada tahun 2005 masih di 34:66. Untuk mendukung hal ini, Departemen Pendidikan Nasional tidak tanggung-tanggung dalam mengalokasikan biaya untuk pengembangan SMK yang diembankan pada Direktorat Pembinaan SMK yang dipimpin oleh Bpk Joko Sutrisno, sebagai Direkturnya.

Dalam rangka menyiapkan kualitas SMK yang dapat menyiapkan tenaga lulusan SMK yang siap kerja, cerdas, terampil, dan kompetitif, salah satu kebijkan yang ditekankan oleh Bpk Joko Sutrisno adalah pembenahan/revitalisasi peralatan SMK. Program ini dimaksudkan agar lulusan SMK betul-betul melakukan praktek kerja dengan alat yang memadai yang mendekati peralatan yang digunakan oleh Dunia Industri dan Dunias Usaha, sehingga pada saatnya mereka sudah siap kerja dengan keterampilan yang dapat dihandalkan.

Dalam rangka menambah akses dan pemerataan SMK, Dit. PSMK membuka lebar-lebar setiap daerah yang mau membuka SMK Baru. Selain itu diberi kesempatan bagi SMK yang ada untuk menambah siswa-siswanya melalui program RKB (Ruang Kelas Baru), Rehabilitasi, dan program-program lainnya.

Secara rinci dari mulai garis-garis besar, rekap alokasi bantuan, besar dana bantuan, serta petunjuk pelaksanaan bantuan tersebut secara rinci, dapat diperoleh pada:
Program 2007 atau Download Dit. PSMK
Bagikan

#PetuahPetuah

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.

Tan Malaka