Sayembara 1000 Video Pembelajaran SMK

Oleh: Muhamad Rai · Rabu, 19 Agustus 2020 09.13 · 22.099

Bagikan

Terjadinya Pendemi Covid 19 yang melanda dunia turut memberikan  pengaruh terhadap sistem kehidupan manusia. Dalam hal pendidikan banyak dari peserta didik kita yang belum mendapatkan layanan pendidikan yang memadai karena diberlakukannya pembelajaran jarak jauh dan kendala-kendala lainnya akibat diterapkannya protokol kesehatan Covid-19.

Pembelajaran di SMK yang ideal adalah 70% pratik dan selebihnya teori. Dalam masa pandemi yang telah berlangsung sejak Maret hingga saat ini, pembelajaran telah dilakukan secara dalam jaringan (daring). Namun demikian, siswa SMK relatif tidak terlayani dalam pembelajaran praktik, karena situasi pandemi yang menghendaki protokol pembelajaran yang ketat, serta kebijakan pemerintah daerah yang berbeda-beda ditambah dengan kesiapan infrastruktur di masing-masing sekolah yang belum mencukupi.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah dalam hal ini Direktorat SMK memandang perlu mengambil langkah-langkah untuk tetap memberikan solusi bagi peserta didik SMK untuk mendapatkan layanan pembelajaran yang memadai, antara lain dengan menyediakan materi pembelajaran praktik yang dapat diakses oleh siswa secara mandiri agar siswa dapat belajar melalui video pembelajaran. Video dimaksud, selain dapat digunakan oleh peserta didik SMK dalam belajar secara mandiri, bila dalam situasi normal dapat pula digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi guru SMK dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas dan mengingat banyaknya materi pembelajaran yang ada di SMK, maka Direktorat SMK menyelenggarakan program Pembuatan video pembelajaran praktik kejuruan SMK yang dikemas dalam Sayembara 1000 Video Pembelajaran SMK yang akan diikuti oleh  Warga SMK, BBPPMPV dan BPPMPV.

Akan ada penghargaan bagi 1000 kreator video pembelajaran yang terpilih yaitu masing-masing akan mendapatkan sertifikat dan uang senilai Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Ayo! Segera daftarkan karyamu pada link berikut:

http://psmk.kemdikbud.go.id/karyainovatif

download panduan pembuatan videonya pada link berikut:

https://s.id/Panduan-1000-video

Bagikan

#PetuahPetuah

Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

Mohammad Hatta