PEMBUKAAN KAMP KREATIF GURU SMK INDONESIA (KKGS 2020)

Oleh: Sinthya Indriana · Selasa, 21 April 2020 13.42 · 1.002

Bagikan

Direktorat SMK melalui kegiatan “Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020” merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan memeratakan mutu, serta mengimplementasikan teknologi/industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK. KKGS 2020 merupakan suatu bentuk kegiatan pelatihan melalui pembelajaran berbasis dalam jaringan (daring) atau video conference yang ditujukan untuk para guru SMK.

Kegiatan KKGS 2020 terselenggara atas sinergi beberapa instansi yaitu Direktorat SMK, SEAMEO Center di Indonesia, Perguruan Tinggi, industri, dan SMK pengampu.

 “KKGS 2020 merupakan program pelatihan berbasis dalam jaringan (daring). Ada 6 topik pelatihan di dalamnya dengan total jumlah peserta sekitar 4000 guru yang nantinya akan mendapatkan sertifikat setelah pelatihan selesai. Pelatihan ini diselenggarakan dengan sistem sharing knowledge dengan tujuan agar ilmu dari 6 topik tersebut dapat tersampaikan ke SMK di seluruh Indonesia khususnya.” Ujar Direktur SMK, Dr. Ir. M. Bakrun, M.M.

KKGS 2020 terdiri dari 6 topik pembelajaran yang merupakan penerapan dari Teknologi Industri 4.0 diantaranya:

NO.

TOPIK PEMBELAJARAN

SMK PENGAMPU

INSTITUSI PENDAMPING

1.

Perhotelan

SMK Metland Cileungsi Bogor

Metland Hotel Group

2.

Jasa Boga

SMKN 3 Denpasar Bali

Ramada By Whyndam Bali Sunset Road Kuta

3.

Bisnis Daring Dan Pemasaran

SMK Penabur Jakarta

Derap Dynamis Marketing Konsultan

4.

Menjahit Baju APD Untuk Guru Tata Busana

SMKN 3 Metro Lampung

Sritex

5.

Perikanan

SMKN 4 Metro Lampung

SEAMEO Biotrop, UNPAD, SG Fish Farm

6.

Internet Of Things (IoT)

SMKN 11 Bandung

PPTIK ITB, PT. SCM

Proses/alur pelaksanaan pelatihan melalui pembelajaran daring (video conference) adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran peserta secara daring, disertai surat tugas dibuka pada tanggal 16-18 April 2020.
  2. Pembelajaran secara daring dilaksanakan mulai tanggal 21 April 2020 s.d. 14 Mei 2020, yaitu selama 4 minggu dengan rincian 2 jam perminggu masing-masing 1 jam.
  3. Penyelesaian dan pengiriman tugas mandiri selama 2 minggu (40 jam).
  4. Penganugerahan sertifikat bagi yang menyelesaikan pelatihan.

Dr. Ir. M. Bakrun, M.M. juga menuturkan Direktorat SMK akan menyelenggarakan KKGS untuk program keahlian yang lain, terutama untuk para guru umum yang berwawasan program keahlian.

Acara KKGS 2020 dibuka secara resmi oleh plt. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. Beliau menuturkan program sharing knowledge untuk SMK seluruh Indonesia yang dilaksanakan melalui kegiatan KKGS 2020 perlu diapresiasi. KKGS 2020 ini nantinya akan didokumentasikan dan dipublikasikan dengan tujuan agar guru yang tidak mengikuti pelatihan juga mendapatkan ilmunya. KKGS 2020 diharapkan dapat diperluas untuk bidang-bidang yang lain.

Dalam kesempatan kali ini, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc. juga menuturkan, nantinya akan dibuat program pembelajaran daring dari sekolah untuk sekolah dalam bentuk video yang akan dipublikasikan di laman Direktorat SMK. Program tersebut merupakan program yang baik dalam situasi seperti ini. 

Dengan adanya kegiatan pelatihan Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020 yang disampaikan oleh para maestro dan tenaga ahli nantinya diharapkan dapat meningkatkan dan memeratakan kualitas pembelajaran, serta meningkatkan akses kepada pendidikan berkualitas di SMK.

Bagikan

#PetuahPetuah

Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan.

Tan Malaka