Pupuk Organik buatan SMKN 1 Pantee Bidari mulai diminat

Oleh: Apriliyadi · Senin, 23 Desember 2019 16.58 · 748

Bagikan

MITRAPOL.com, Aceh Timur – Sekolah menengah kejuruan (SMK) identik dengan kerja nyata, karena siswa siswi dituntut untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) banyak Siswa/Siswi yang sudah mampu unjuk kebolehannya, bahkan tidak jarang Siswa / Siswi yang masih menimba ilmu di sekolah tapi mereka sudah mampu membuktikan karyanya. Sabtu (21/12).

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Taman Fajar, Kecamatan Peureulak Aceh Timur, Nurdin Spd, MA, melakukan kunjungan Ke SMK Negeri 1 Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur.

Dalam kunjungannya, Nurdin melihat SMK Negeri 1Pantee Bidari itu terletak di Pedalaman yang memiliki kompetensi unggulan di bidang pertanian.

Nurdin sapan akrab Babe Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Taman Fajar puerlak Aceh Timur mengatakan kepada awak media, SMKN 1 Pante Bidari ini terus melakukan kegiatan pendidikan vokasi bidang pertanian, kata Nurdin.

Lanjutnya lagi, Generasi muda yang menjadi siswa/siswi di sekolah ini sudah di didik dan dilatih untuk mendukung program ketahanan pangan, yang juga merupakan Program program nasional dan masuk dalam revitalisasi SMK Negeri 1 Pante Bidari, ujar Babe.

Babe menambahkan, salah satu program yang sedang berlangsung adalah penanaman tanaman buah hortikultura dan pembuatan pupuk organik yang dibuat oleh peserta didik dibawah bimbingan guru produktif yang berpengalaman di bidang ilmu pertanian, ujarnya

Saya sangat senang melihat langsung di lokasi SMKN 1 Pante Bidari, hasil karya anak-anak yang mendukung sektor pertanian, dan melaksanakan program ketahanan pangan, pembuatan pupuk ini juga amat selaras dengan program BEREH Pemerintah Aceh, Ketersediaan pupuk organik sangat membantu proses tumbuh dan berkembangnya tanaman yang ditaman, khususnya di Sekolah-sekolah di Aceh Timur, ungkap Nurdin.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ( SMKN) 1 Pante Bidari, Agus Ridwan, S.Pd, mengatakan, kegiatan pembuatan pupuk sudah rutin dilakukan oleh Siswa – Siswi bersama guru pembimbing, bahkan ada dua jenis pupuk yang diproduksi yaitu pupuk cair dan pupuk kompos, ujar Agus

Menurut Agus, pupuk yang telah diproduksi sudah dipamerkan setiap tahunnya pada ajang pameran di Lomba Kompetensi Siswa (LKS), dan Alhamdulillah dipameran tersebut, pupuk produksi SMKN 1 Pante Bidari ini laris diborong pengunjung, jelas Agus.

Atas kunjungannya kepala SMKN Taman Fajar puerlak Nurdin. Spd ke SMKN 1 Pante Bidari yang disambut langsung oleh kepala sekolah tersebut Agus Ridwan. Spd, setelah melihat langsung fakta Di sekolah tersebut bahwa SMKN Taman Fajar menyatakan berminat terhadap pupuk yang dihasilkan SMKN 1 Pante Bidari.

Kedepan, bila ada kegiatan penanaman pohon di SMK Negeri Taman Fajar memerlukan pupuk, kami akan memesannya dari SMKN 1 Pantee Bidari yang dipimpin Agus Ridwan.spd, Semoga semua upaya positif ini mendapat dukungan dari banyak pihak, tutup Nurdin

 

Reporter : Zul Aceh

Sumber: MITRAPOL.com,

Bagikan

#PetuahPetuah

Kamu harus rajin belajar dan membaca, jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak mendapat pendidikan.

Wiji Thukul