20 Siswa SMK terpilih mengikuti Program Internship di Pabrik Casio Thailand

Oleh: Apriliyadi · Senin, 28 Oktober 2019 22.36 · 948

Bagikan

Dalam rangka implementasi kerja sama di bidang pendidikan kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Casio Computer., Co., Ltd., kembali menyelenggarakan program internship di Pabrik Casio di Thailand. Program ini merupakan pelaksanaan yang kedua setelah yang pertama diselenggarakan pada tahun 2018 berjalan dengan sukses. Program internship Casio Thailand di tahun 2019 ini terdapat 20 siswa SMK bidang keahlian Teknologi Rekayasa dari 17 SMK di 7 provinsi yang berbeda yang akan menjalani program internship di pabrik Casio Thailand selama 3 bulan.

Sebelum pelaksanaan program intership ini, para peserta diberikan pembekalan terlebih dahulu melalui program Pre-Departure Internship Casio, yaitu tahap persiapan sebelum keberangkatan peserta program Internship ke Casio Thailand. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 30 September 2019 s.d. 3 Oktober 2019 bertempat di Hotel Aston Cengkareng, Jakarta.

Pada kegiatan Pre-Departure internship ini, para peserta mendapatkan materi overview program internship tahun 2019, sharing pengetahuan dan pengalaman dari peserta internship tahun 2018, memaksimalkan potensi media sosial untuk membuat konten positif kegiatan internship, pengenalan bahasa, lingkungan dan budaya Thailand, mengembangkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris, dan penguatan soft skill dalam dunia kerja.

Pada kegiatan tersebut, Saryadi selaku Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Direktorat Pembinaan SMK, menyampaikan kepada para peserta intership untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Kalian adalah siswa terpilih hasil seleksi dari ratusan siswa yang mendaftar, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Program ini dapat menjadi ajang untuk menambah kompetensi dan pengalaman”. Selain itu Saryadi juga mengingatkan para peserta intership untuk dapat menjaga diri dan sikap. “Para peserta internship akan ditempatkan di beberapa divisi di pabrik Casio, mohon para peserta bisa menjaga diri, dan saling mengingatkan satu sama lain. Jaga sikap dan selalu mematuhi Standar Operational Procedure (SOP) yang berlaku di tempat internship”.

Pada tanggal 4 Oktober 2019, para siswa peserta internship dan tim pendamping dari Kemendikbud bertolak ke pabrik Casio Thailand untuk menghadiri acara penyambutan dan orientasi singkat, serta serah terima siswa secara resmi dari tim Kemdikbud kepada tim Casio Thailand. Kedatangan siswa di pabrik Casio Thailand, disambut langsung oleh Mr. Oda selaku Director R&D Casio. Pada kesempatan tersebut juga diperkenalkan tim manajemen Casio Thailand dari berbagai divisi. Selain itu, para siswa peserta internship juga memperkenalkan diri mereka kepada tim manajemen Casio. Pada acara tersebut juga ditampilkan profil singkat tentang Casio Thailand dan dilakukan sesi foto bersama dengan tim manajemen Casio.

 




Acara kemudian dilanjutkan dengan factory visit dan keesokan harinya para siswa akan memulai praktik kerja industri yang akan berlangsung selama 3 bulan. Tujuan dari program internship Casio ini adalah untuk menanamkan dan mengembangkan karakter kerja serta meningkatkan kompetensi melalui pengalaman kerja langsung di dunia kerja.

Bagikan

#PetuahPetuah

Kamu harus rajin belajar dan membaca, jangan ditelan sendiri. Berbagilah dengan teman-teman yang tak mendapat pendidikan.

Wiji Thukul