Mengejutkan, Juara Olimpiade Jaringan Mikrotik dari SMK Luar Jawa

Oleh: Apriliyadi · Selasa, 5 November 2019 17.49 · 357

Bagikan

KOMPAS.com - Kabar menarik datang dari Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII ke 4. Final Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019 di Bali (23/10/2019) melahirkan SMK juara-juara yang secara mengejutkan datang dari SMK di luar DKI Jakarta.

Bali menjadi tuan rumah untuk acara rangkaian acara final ini terdiri dari tahap 3 yang merupakan tes tertulis dengan praktik, kemudian pada tahap 4 full ujian praktik, dan pada tahap terakhir yaitu tahap 5 merupakan sesi tes cerdas cermat yang akan di ikuti oleh 3 Tim dari hasil penyisihan di tahap sebelumnya.

Tampil sebagai juara Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII 2019:

Juara 1: SMKN 1 Toraja Utara

Juara 2: SMK IDN Bogor

Juara 3: SMKN 1 Cimahi

"Saya berharap kalian semua sukses dalam pendidikan ke depannya dan juga dalam bidang profesional yang kalian pelajari. Saya pikir ilmu yang kalian miliki saat ini merupakan kunci dan saya berharap kalian menemukan pintu yang tepat ke depannya," pesan Edmund Aperans, Principal Mikrotik Latvia kepada seluruh peserta.

Peserta finalis merupakan hasil seleksi babak penyisihan dari 8 kota yang telah berlangsung sejak 9-28 September 2019.

Persaingan ketat Pada tahap 3 final Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019 di Bali sebanyak 22 tim lolos dan saling bersaing dalam konfigurasi tes praktik yang diadakan selama 90 menit dan hanya akan meloloskan 9 tim yang akan memperebutkan 3 kursi grand final.

Ke-22 tim peserta final bersaing sangat ketat dalam tes tahap 3, terbukti perolehan nilai saling mendekati antar tim. Bahkan tim SMKN 3 Jepara dan SMKN 1 Cibinong meraih perolehan nilai sama yaitu 22.

Sayang, tim SMKN 3 Jepara harus tersingkir dari 9 tim yang akan mengikuti tahap 4 karena proses pengumpulan berkas tes tahap 3 berada pada urutan ke 21, sedangkan SMKN 1 Cibinong berada di urutan 10 saat pengumpulan berkas tes tahap 3.

Dengan total 9 tim yang berhasil lolos di tahap 3, para peserta dihadapkan dengan tes praktik yang lebih rumit lagi guna memperebutkan 3 kursi di grand final.

Final cerdas cermat

 

Pembacaan soal dalam babak final Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII ke 4 berlangsung di Bali (23/10/2019) dan melahirkan SMK juara yang secara mengejutkan datang dari luar DKI Jakarta.(DOK. MIKROTIK)

Keseruan terjadi di di tahap 5 grand final Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019 yang merupakan kuis cerdas cermat. Saling susul nilai terjadi. Pada tahap pertama kuis cerdas cermat tidak terlalu terlihat selisih angka terlalu jauh karena jawaban benar mendapatkan nilai 10.

Persaingan ketat terjadi antara SMKN 1 Cimahi, SMKN 1 Toraja Utara dan 10 dan SMK IDN Bogor. Saling susul nilai terjadi antara ketiganya. Dengan perolehan nilai akhir 135, SMKN 1 Toraja Utara berhasil memastikan diri menjadi juara pertama Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019 diikuti SMK IDN Bogor dan juara 3 oleh SMKN 1 Cimahi.

Pada pelaksanaan Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII 2019 terjadi sejarah baru karena pertama kalinya tim peserta lolos ke tahap grand final dari luar pulau Jawa. Dan pertama kalinya, peserta perempuan lolos ke tahap Grand Final.

Tim pemenang SMKN 1 Toraja Utara terdiri peserta perempuan Elsi Sampe Layuk dan satu peserta pria yaitu Yuli Bobby dan dibimbing guru pendamping Gideon Lande.

Jadi agenda tahunan

Yuliati, Kasi Kerjasama Industri dari Direktorat Pembinaan SMK, menyampaikan dari pihak Kementerian mendukung penuh acara Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII ini dan akan lebih meningkatkan lagi kerja sama antara Kementerian dan pihak industri agar acara ini bisa menjadi agenda tahunan dan terus berkelanjutan.

Acara Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII merupakan prakarsa Citraweb Solusi Teknologi (Citraweb), dan diselenggarakan bersama antara Citraweb Solusi Teknologi dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Jadi sebenarnya ini penjurusan yang bagus bagi industri internet di indonesia dan para-para alumni yang ikut olimpiade ini juga yang sudah bekerja di perusahaan ISP di seluruh Indonesia," ujar Jamalul Izza selaku Ketua Umum APJII.

Ia menambahkan, "Kita bekerja sama dengan Mikrotik, bukan perangkat-perangkat lainnya karena di industri ini penggunaan Mikrotik ini sudah cukup besar di ISPnya."

Selain final Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019, tanggal 24-25 Oktober 2019 juga diselenggarakan acara tahunan Mikrotik User Meeting yang pada kali ini dilaksanakan di lokasi yang sama.

Sumber: Kompas.com

 

Bagikan

#PetuahPetuah

Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

R.A. Kartini