French Pastry Bakery:Waktunya SMK Unjuk Gigi

Oleh: Apriliyadi · Kamis, 19 September 2019 23.53 · 3.188

Bagikan

BEKASI –Bekerja sama dengan Institut Francais Indonesia, PPPPTK Bisnis dan Pariwisata, Hotel Horison, dan Metland.,Tbk, Direktorat Pembinaan SMK menyelenggarakan kegiatan Kerjasama Vokasi Program Kuliner. Salah satu agenda program tersebut adalah Unjuk Kreasi French Pastry and Bakery Tahun 2019 yang diselenggarakan pada 18 s.d. 20 September 2019 di Hotel Horison Bekasi. 

Program ini merupakan lanjutan Sharing Knowledge from National and French Chef yang akan dilaksanakan pada bulan Juni lalu. Berbekal ilmu dari para pakar Chef Nasional dan Chef dari Perancis, guru yang dilatih turut mendiseminasikan kepada para guru dan siswa tata boga. 

Lebih dari 1.000 siswa berlatih selama dua bulan dengan membuat berbagai macam pastry khas Perancis  Kemudian terpilih 40 siswa yang berhak untuk unjuk gigi memamerkan hasil kreativitas di depan para corporate Hotel Horison Bekasi dan Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono.

Apresiasi lainnya adalah 20 SMK terpilih ini dilombakan. Kreativitas para peserta dinilai oleh para juri: Dianka Wahyuningtias, SST.Par., MM.  (Universitas Bina Nusantara), Chef Kamal Arief (T & C Bandung), Chef Listiowati (Metland School), dan Chef Abdul (Horison Ultima Bekasi). Pemenangnya akan diumumkan pada akhir kegiatan.

Dari hasil penilaian, para dewan juri memutuskan SMKN 1 Pracimantoro menjadi juara 1, SMKN 1 Gunungsitoli menjadi juara 2, dan SMKS PGRI Mojokerto sebagai juara 3. Dewan juri tidak hanya menilai dari sisi rasa, tetapi juga dari ketekunan, kerapihan, dan kreativitas para peserta yang dilakukan selama dua hari.

Dengan berakhirnya program ini, Direktorat Pembinaan SMK mengharapkan tidak hanya peningkatan kualitas kompetensi guru dan siswa, tetapi juga menjadi pionir dalam pengembangan pastry dan bakery khas negara yang memiliki Menara Eifel di wilayahnya masing-masing.

Terakhir adalah program ini merupakan contoh sinergitas antara industri dan pemerintah terjalin dengan baik serta menginspirasi agar lebih banyak industri untuk terlibat langsung dalam meningkatkan kompetensi SDM di Indonesia khususnya siswa/siswi SMK.

Bagikan

#PetuahPetuah

Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.

Mohammad Hatta