Wow, , ,Arena Kompetisi Disulap Menjadi Wahana Edukasi !!

oleh Apriliyadi 133

 

Kazan, Rusia 27/8/19. Ada hal yang menarik dari penyelenggaran Worldskills  ke-45 kali ini, di tengah kemeriahan perlombaan kompetensi tingkat dunia dan ramainya pengunjung, baik warga lokal maupun mancanegara, yang memenuhi semua area lomba datang dengan antusiasme sebagai suporter untuk mendukung kompetitor jagoan mereka. Ada juga yang datang untuk berburu ilmu dan informasi mengenai kompetensi dan keterampilan kejuruan. Suasana kompetisi sekilas tampak menjadi suguhan informasi yang mengedukasi. Selayaknya objek wisata, arena kompetisi disulap begitu nyaman bahkan dapat dikatakan sebagai wahana rekreasi edukasi kejuruan bagi keluarga.

Diantara kerumunan pengunjung tersebut tampak raut muka keceriaan dari anak-anak usia dini hingga remaja setingkat sekolah menengah pertama yang begitu antusias melihat kompetisi keahlian dunia yang berlangsung dari tanggal 22 s.d. 27 Agustus 2019 di Kazan Expo, Rusia. Sebagian dari mereka tampak didampingi kedua orang tua berkeliling mengunjungi setiap bidang lomba, ada juga yang begitu detail membaca lembar dan papan informasi program keahlian, seolah sedang menentukan keahlian masa depan mereka.

Pihak penyelenggara juga memfasilitasi stan kompetensi keahlian lengkap dengan informasi dan peralatan yang bisa digunakan secara langsung oleh pengunjung yang datang khususnya untuk anak-anak usia dini, setingkat sekolah dasar dan setingkat sekolah menengah pertama. Bahkan dalam penyelenggaraan kali ini, diadakan Worldskills Junior untuk kategori remaja usia 14-16 tahun, tidak tanggung-tanggung bidang keahlian yang dikompetisikan pun beragam, setidaknya ada 13 kompetensi keahlian yang di lombakan pada ajang Worldskills Junior kali ini yaitu Drone Operating, Electrical Installations, Graphic Design Technology, Hairdressing, Industrial Control, IT Network Systems Administration, Mobile Robotics, Painting and Decorating, Plumbing and Heating, Polymechanics and Automation, Restaurant Service, Robot Systems Integration, Web Technologies. Kegiatan ini ditujukan untuk memfasilitasi anak remaja mengenal pendidikan kejuruan sejak dini, bangga atas kompetensi keahlian serta semangat dalam mengembangkan diri untuk masa depan yang lebih baik.

Beri nilai konten ini  
Responsive image