Gandeng Bukalapak, SMK Muda Wujudkan Siswa Kompetensi BMW

oleh Apriliyadi 386

TLOGOMAS-Puluhan guru SMK Muhammadiyah 2 atau populer dokenal SMK Muda, menggelar training dasar bekerja sama dengan Bukalapak area Malang. Pelatihan dasar tersebut diadakan untuk menunjang soft skill siswa SMK Muda di kelas industri. “Siswa harus mampu menjual produknya secara online. Baik itu produk sendiri maupun produk reseller. Sebelum siswa mampu menjual produk tersebut, maka gurunya harus mampu melakukan soft skill tersebut. Itu sebabnya kami mengundang tim Bukalapak untuk mengasah kemampuan para guru. Sehingga guru bisa melatih siswanya secara profesional,” ujar Kepala Sekolah SMK Muda, Nur Cholis, SPd.

Menurut Nur Cholis, kerjasama dengan Bukalapak untuk meningkatkan soft skill mulai dari guru dan siswa. Jika siswa dibranding untuk jualan, maka gurunya harus mengetahui terlebih dulu. Sebab bidang garapan SMK ada tiga hal BMW sesuai instruksi dari mendikbud RI. Pertama ada bekerja (B) dan SMK Muda sudah melakukan mitra kerjasama dengan mitra industri melalui kelas industri.

Kasek SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang, sedang membuka aplikasi online dipandu pemateri Bukalapak Area Malang.

Berkutnya adalah melanjutkan (M), Nur Cholis menyebutkan siswa yang melanjutkan diperkuat dengan pengetahuan baik itu akademiknya mapun keterampilannya sehingga ketika lulus bisa diterima diperguruan tinggi negeri maupun swasta.

Terakhir adalah wirausaha (W), Nur Cholis menjelaskan ketika siswa sudah lulus tidak bisa bekerja atau melanjutkan kuliah, siswa tersebut bisa membuka peluang usaha melalui wirausaha, dengan menjual produk sendiri, membeli produk lain, atau reseller. “Jadi lulusan SMK Muda sudah dibekali ahlakhul kharimah, serta sesuai dengan tujuan SMK itu bekerja melanjutkan atau wirausaha. Kalaupun siswa tidak terserap di dunia kerja sudah bisa berwiraswasta. Kami sudah mempersiapkan proses dan tahapannya, salah satunya dengan menggandeng industri dan lembaga terkait,” akunya. (don)

 

Sumber: /tabloidmatahati.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image