Seri GLS: Menikmati Insfrastruktur Sekolah Dalam Kegiatan Literasi SMKN 1 Beringin

oleh Endang Sadbudhy Rahayu 600

Memasuki SMKN 1 Beringin-Kabupaten Deli Serdang, kita dapat merasakan suasana sejuk dan segar karena lingkungan yang rapi dan terawat. Sekolah yang baru beroperasi selama 8 tahun, di bawah kepemimpinan Drs. Ilyas Dasin, M.Pd ini menampilkan penataan yang penuh warna. Bangunan untuk pembelajaran dicat dengan warna yang berbeda satu sama lain, demikian juga prasarana penunjang seperti area baca, joglo, halte sekolah dan lainnya, disajikan dengan ornamen warna yang terang dan cerah sehingga mencerminkan jiwa kawula muda.

Membaca sambil menghirup udara segar di Joglo, yang lengkap dengan rak buku dan kolam ikan di sampingnya. Foto: dok SMKN 1 Beringin.

Joglo, yang berfungsi sebagai aula terbuka, dapat mempunyai banyak fungsi. Di Joglo dapat dilakukan diskusi, latihan untuk ekstrakurikuler, proses pembelajaran di luar kelas, juga aktivitas membaca atau literasi lainnya. Di Joglo disediakan lemari buku yang menungkinkan warga sekolah dapat mengakses buku dan referensi lainnya di tempat ini.

Gerakan Literasi Sekolah di SMKN 1 Beringin dimulai secara berbeda dibanding sekolah lain yang pada umumnya memulai dengan kegiatan 15 menit membaca setiap hari sebelum pembelajaran. SMKN 1 Beringin memulai Gerakan Literasi Sekolah dengan menumbuhkan kegemaran membaca dengan cara menyediakan bacaan-bacaan pendek yang dapat dibaca peserta didik dalam waktu singkat lalu menuliskan simpulan dalam kartu-kartu yang kemudian dimasukkan dalam kotak yang kelak akan diundi untk diberikan hadian di akhir semester.

Untuk memperkuat semangat dalam membaca, sekolah mengambil kebijakan peserta didik juga didorong untuk melakukan aktivitas membaca bacaan panjang, atau membaca buku-buku non teks. Dalam aktivitas membaca peserta didik diberi kebebasan memilih tempat untuk membaca. Berbagai area di sekolah dapat digunakan untuk membaca, antara lain kantin, area duduk di halaman sekolah, halte sekolah, lobi hotel sekolah, perpustakaan, joglo, maupun area lain yang menimbulkan rasa nyaman untuk membaca.

Area duduk menjadi area membaca. Foto Dok SMKN 1 Beringin

 

Sebagai peraih Sekolah Adiwiyata Mandiri di tahun 2018, kegiatan membaca di SMKN 1 Beringin dapat dilakukan di mana saja, karena infrastruktur yang tertata apik dan teduh. Peserta didik dapat membaca di berbagai tempat tanpa tersengat matahari, karena suksesnya penghijauan di sekolah ini. Membaca di kantinpun tidak khawatir kotor dan buku terkena minyak, karena kantin sekolah bersih dan sehat. Yang jelas di kantinpun tersedia lemari buku yang dapat dengan mudah diakses oleh peserta didik.

 

Kantin sekolah menjadi area membaca yang nyaman karena bersih dan sehat. Foto: dok SMKN 1 Beringin

 

Aktivitas Literasi di SMKN 1 Beringin tidak hanya berhenti pada kegiatan membaca. Atas prakarsa Ibu Aminah,S.Pd.,M.Si sang pustakawan, telah mendorong terbentuknya grup quilting. Grup ini melakukan aktivitas daur ulang kain perca sehingga dapat menghasilkan alas meja, bunga dan karya lainnya yang mempunyai nilai jual, sehingga bernilai ekonomi. Selain Grup Quilting di Perpustakaan SMKN 1 Beringin ada Grup Sispala (Siswa Pecinta Alam) dan grup Lingkar Pena Beringin, yang siap mempublikasikan karya siswa.

Dengan berbagai prestasi yang dimiliki Perpustakaan SMKN 1 Beringin, antara lain sebagai juara 3,2 dan 1 Perpuatakaan terbaik Tinkat SLTA se Sumatera Utara (2015, 2017 dan 2018), 10 Besar perpustakaan terbaik tingkat nasional (2018) dan Pustakawan Terbaik se Provnsi Sumut (2018), sekolah ini terus bersemangat mengembangkan diri kecakapan literasi. Ciri khasnya adalah seluruh warga sekolah dapat beraktivitas literasi sembari menikmati nyamannya infrastruktur sekolah. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Cerdasberliterasi.

Beri nilai konten ini  
Responsive image