SERI GLS : Layanan Literasi Digital di SMK Negeri 11 Bandung

oleh Endang Sadbudhy Rahayu 479

Dalam upaya mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah, setiap satuan pendidikan melakukan berbagai langkah untuk memberikan layanan lebih luas kepada peserta didik. Di SMK Negeri 11 Bandung, pelayanan dalam upaya mendekatkan bahan bacaan kepada peserta didik dilakukan dengan IT. Selain itu, hal ini pun menjadi sarana pemberdayaan staf sekolah sekaligus memberikan pelayanan yang kekinian kepada seluruh warga sekolah.

Mengingat kapasitas ruang perpustakaan yang sangat kurang memadai bila dibandingkan dengan jumlah siswa di sekolah ini dan siswa yang rata-rata mempunyai perangkat telepon pintar, pelayanan digital ini menjadi solusi yang dipandang baik bagi Gerakan Literasi Sekolah di SMK Negeri 11 Bandung.

SMK Negeri 11 Bandung kini bergiat dalam pelayanan buku elektronik. Hal ini dilakukan dengan membuat QR buku-buku yang beredar yang sesuai dengan usia pembacanya. Tim IT Perpustakaan, Pak Syaiful, berupaya melakukan pengolahan sumber bacaan dan menyiapkan Quick Response (QR) Code. Dengan cara ini, peserta didik dapat membaca buku dengan memindai QR buku tersebut. Tidak hanya itu, SMK Negeri 11 Bandung juga memberikan layanan kepada masyarakat sekitar sekolah dengan berbagai informasi yang telah disiapkan dalam rangka mengedukasi masyarakat. Bahan edukasi ini diberikan sebagai upaya memberikan informasi yang bersifat membangun bagi masyarakat.


Bahan-bahan yang di-gunakan untuk mengedukasi masyarakat bermula dari keprihatinan sekolah akan kebiasaan ma-syarakat se-kitar sekolah yang senang bergerombol dan ngobrol yang kurang bermanfaat. Oleh karena-itu, sekolah menyediakan bahan bacaan yang dapat di-akses dengan memanfaatkan HP mereka.

SMK Negeri 11 Bandung di bawah kepemimpinan Dr. Anne Sukmawati KD, M.MPd., menggalakkan literasi digital secara serius. Dalam kegiatan pembelajaran, semua guru didorong dan difasilitasi untuk menggunakan blog dalam melakukan pelayanan kepada peserta didik sekaligus melaksanakan pemantauan dan evaluasi. Penerapan Internet of Things dalam rangka menjajaki Revolusi Industri 4.0 pun mulai dilakukan, di antaranya adalah  dengan e-guest (digitalisasi buku tamu), smart switch (aplikasi buka-tutup pintu dan mematikan-menyalakan lampu yang dikendalikan dengan smartphone), dan ‘Sensasi 11’ (alat sensor asap gas inovasi 11).

“Kami berupaya agar literasi digital benar-benar terimplementasi, bukan hanya terkait kegiatan membaca teks-teks digital, namun juga implementasinya dalam pembelajaran”, penjelasan Ibu Anne. “Dan layanan kepada peserta didik kami utamakan, sekaligus edukasi kepada masyarakat kami pedulikan” ungkap Bu Anne. SMK Bisa!. SMK Hebat!. SMK Cerdasberliterasi.

Beri nilai konten ini  
Responsive image