SMK PP akan Tampilkan Pengusaha Muda Pertanian di Millennial Indonesian Agro Preneur

oleh Apriliyadi 592

Bondowoso--SMK Negeri PP Tegalampel Bondowoso dengan jargon Go Enterpreneur akan mengikuti ajang pameran bertema ‘Millennial Indonesian Agropreneur’ dengan mengundang pengusaha muda pertanian.

Pengusaha muda pertanian sengaja diundang agar kaum milenial dan generasi Z lebih senang menjadi pengusaha, khususnya di bidang pertanian, dibandingkan menjadi pegawai, baik swasta maupun negeri. 

Produk pengusaha muda pertanian SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso, yang akan ditampilkan dalam pameran di Botani Square Bogor (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

Siswa yang terlinat dalam kegiatan pameran ini rerata siswa kelas X, seperti Dwi Abar Kusuma, Aisyah Humairoh, dan beberapa siswa lainnya yang dipilih. 

Dewi Yulita, salah seorang pembimbing dalam pembuatan produk yang akan ditampilkan mengatakan bahwa pameran itu memang salah satu ajang dimana para pengusaha muda pertanian itu unjuk diri. 

“Bahwasanya mereka bisa menghasilkan produk-produk yang layak dihargai, seperti produk yang sudah terkenal,” katanya, Selasa (16/4/2019). 

SMKN PP Tegalampel mengeluarkan enam produk untuk ditampilkan dalam pamaran ini, empat diantaranya produk pengolahan dan dua produk agribisnis tanaman hortikultura. 

Produk pengolahan antara lain produk Be Cambe atau snack kecambah, stick naga merah, Kopi Jahe Sehat (Kojahat). Produk pengolahan yang terbaru yaitu VCO (Virgin Coconut Oil) juga ditampilkan dalam kegiatan ini.

“Dan produk turunan di mana siswa kami memanfaatkan ampas kelapa, itu tidak menjadi barang buangan tetapi menjadi produk yang masih memiliki nilai jual,” jelasnya. 

Keenam produk tersebut dipilih dari sekian banyak produk karena produk produk terbaru. SMK PP Tegalampel selalu menampilkan sesuatu yang baru.  Selain itu, produk-produk ini merupakan karya siswa kelas X, meski masih duduk di Kelas X sudah berkarya, dan layak untuk ditampilkan. 

“Yang menjadikan produk ini spesial, karena ini merupakan kreasi siswa sendiri. Saya sebagai pembimbing hanya menambahkan, memberikan masukan agar produk yang dihasilkan ada nilai lebihnya. Misalnya agar lebih renyah dan lain-lain,” akunya. 

Pameran yang akan diramaikan oleh SMK Negeri 1 PP Tegalampel Bondowosoini akan berlangsung di Botani Square Bogor, mulai tanggal 18 sampai 21 April 2019. (*)

Sumber : diolah dari timesindonesia.co.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image