Alumni SMK di Jepang: Sekti dipercaya sebagai Quality Control di Perusahaan Besar Jepang

oleh Apriliyadi 1.136

Faktor komunikasi menjadi salah satu penentu kesuksesan di manapun seseorang berada, tak terlepas ketika di luar negeri ataupun dalam negeri. Terlebih di sebuah negara yang huruf dan komunikasinya cenderung menggunakan bahasanya sendiri. Jangankan untuk berkomunikasi formal, pada saat membeli makanan, minuman, ataupun penggunaan moda trbansportasi hingga bahkan di hotelpun masih sulit menemukan seseorang yang dapat Berbahasa Inggris dengan lancar.

Pada pameran ini, tim SMK bertemu dengan beberapa alumni SMKN 1 Temanggung Jawa Tengah. Ada yang menjaga konter untuk negara Australia dan adapula yang dikontrak oleh perusahaan Jepang selama 3 tahun. SMKN 1 Temanggung atau yang dahulu lebih dikenal STM Pembangunan secara berkala setiap tahunnya mengirim alumninya kurang lebih sebanyak 30 orang sisiwa bekerja di Jepang.

Salah satu alumni yang ikut membantu tim dari SMK adalah Sekti Muji Wisranto atau biasa dipanggil Sekti, alumni kompetensi keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian yang lama belajarnya 4 (empat) tahun. Saat ini Sekti sudah bekerja kurang lebih sembilan bulan di PT Takaki Bakery yang berada di Provinsi Kanagawa (yang merupakan daerah industri). Perusahaan ini merupakan perusahaan ekspor besar yang bergerak di bidang roti. Sekti yang dikontrak selama tiga tahun dipercaya oleh pimpinannya sebagai Quality Control dalam tiga proses makanan roti, yaitu: 1) Adonan, 2) Fermentasi, 3) Oven dan 4) Pengemasan.

Pada tahap pengadonan ia memasukkan adonan kedalam loyang dengan kapasitas perhari lebih dari tiga ton gandum, selain ia juga mengendalikan fermentasi dan oven yang merupakan proses yang paling berpengaruh pada kualitas sebuah roti. Proses ini bisa dibilang titik kritis karena temperatur dan waktu pengembangan dan pemanggangan roti. Selain itu ia juga dipercaya menjadi pengendali di bagian pengemasan produk. 

Sekti setelah lulus melewati proses seleksi PT. JIAEC (Japan Indonesia Association for Economic Corporation) di sekolah. Seleksi yang dilalui berupa seleksi fisik, psikologi dan kesehatan serta wawancara. Seleksi fisik meliputi tinggi badan dengan minimal 165 cm untuk putra, dan 155 untuk putri, tidak memiliki riwayat penyakit berat atau pernah operasi berat. Seleksi psikologi hampir menyerupai pada seleksi psikologi pada umumnya. Seleksi kesehatan meliputi medical cek-up, dan terakhir wawancara keseharian, riwayat kehidupan dan tujuan bekerja di Jepang. Untuk seorang alumni yang baru lulus secara pendapatan sangat amat menarik, setiap bulan Sekti menerima gaji kotor di atas 20 juta rupiah.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi dan motivasi kepada calon calon tamatan SMK, yang ingin bekerja di Jepang.
 

Salam hangat dari Chiba.
 

Beri nilai konten ini  
Responsive image