Tingkatkan Kerjasama, SMKN 2 Adiwerna Gelar Rapat Koordinasi dengan 40 Mitra DUDI

oleh Apriliyadi 810

TEGAL – Menindaklanjuti salah satu aspek revitalisasi SMK sesuai amanat inpres nomor 9 tahun 2016, SMKN 2 Adiwerna menggelar rapat koordinasi pada 31 Januarin 2019 dengan mengundang 40 mitra dunia usaha dunia industri (DUDI). 

Tujuan rapat koordinasi ini adalah menyamakan persepsi terkait materi dan pelaksanaan pembelajaran di SMKN 2 Adiwerna. Menurut Kepala SMKN 2 Adiwerna, Hartono, rapat koordinasi dengan DUDI setidaknya digelar satu tahun sekali. Namun, kali ini undangan lebih banyak.

“Dunia usaha dan dunia industri yang bermitra dangan kami ada sekitar 150 yang tersebar di berbagai kota di Jawa. Untuk rapat koordinasi ini, yang kami undang hanya 40-an yang ada di sekitar Tegal dan sekitarnya,” ungkap Hartono. 

DUDI yang diundang mewakili masing-masing bidang keahlian yang dimiliki oleh SMKN 2 Adiwerna, seperti seni & industri kreatif dan teknologi informasi & komunikasi. 

"Rapat koordinasi dilaksanakan dengan mempertajam kemitraan dalam hal penyelarasan dan pengembangan kurikulum vokasi, pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) bagi siswa menyikapi perubahan ketentuan yang semula hanya empat bulan menjadi enam bulan (untuk program tiga tahun) dan dari enam s.d. delapan bulan menjadi sepuluh s.d. dua belas  bulan (untuk program empat tahun), perencanaan magang guru, penyelarasan pembelajaran teaching factory , dan rekrutmen lulusan," tambah Hartono.

Hartono menambahkan bawa rapat koordinasi ini menghasilkan  dokumen sinkronisasi, validasi kurikulum, kertas kerja kesepahaman tentang pelaksanaan PKL bagi siswa, magang bagi guru dan rekrutmen lulusan,  kesepahaman pengelolaan tempat praktik siswa berbasis industri.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan rapat koordinasi diahului dengan kunjungan peserta ke bengkel (workshop tempat praktik siswa) untuk mengamati pengelolaan bengkel dan keterlaksanaan pelaksanaan Kegiatan belajar mengahar berupa paktik atau mata pelajaran produktif berbasis teaching factory.

Selanjutnya, kegiatan rapat koordinasi dibuka oleh Kasi SMK, Donny Setiawan, yang mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah XII. Dalam sambutannya, Donny Setiawan mengapresiasi keterlaksanaan rapat koordinasi dengan pihak DUDI oleh SMKN 2 Adiwerna. 

Kegiatan ini merupakan sebuah ikhtiar bersama dalam menyiapkan lulusan SMK yang siap kerja sesuai bidang keahliannya guna meminimalkan tingkat pengangguran, khususnya bagi lulusan SMK. Selanjutnya diharapkan apa yang dilaksanakan oleh SMKN 2 Adiwerna juga dapat diikuti oleh SMK lain baik negeri maupun swasta. (*)


Sumber : Kumparan dengan berbagai perubahan

Beri nilai konten ini  
Responsive image