SMKN 2 Melaksanakan “TOSA”

oleh hasan basri 1.045

WIDEAZONE.COM, PALEMBANG–Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Palembang menerapkan terobosan baru dalam penyelenggaraan try out. Jika biasanya try out menggunakan kertas, kali ini memakai smartphone berbasis android milik masing-masing siswa

“Namanya try out dalam jaringan, atau try out berbasis android. Pelaksanaan try out memanfaatkan smartphone yang dimiliki mayoritas siswa. Ini baru pertama kali dilaksanakan,” kata Kepala SMKN 2 Palembang Drs. H. Zulkarnain, MT, saat dibincangi Wideazone.com, Sabtu (25/1/2019).

Secara teknis, terang Zulkarnain, try out berbasis android ini tak memiliki perbedaan mencolok dengan try out konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja.

Untuk teknis pengerjaan soal, siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar. Masing-masing siswa memiliki akun untuk mengerjakan soal mata pelajaran yang diujikan. Sedangkan untuk soal yang diujikan mengacu pada ujian nasional dengan jumlah soal 40 pilihan ganda dan 5 soal esai dengan durasi waktu 120 menit.

“Hemat dan efisien. Tidak lagi butuh kertas, pensil, dan memudahkan guru karena tidak perlu mengoreksi lembar jawaban siswa. Hasil ujiannyapun bisa langsung dilihat oleh peserta ujian,” ujar dia.

"Terobosan ini, dilatarbelakangi oleh semakin canggihnya teknologi yang serba digital. Sebagai sekolah menengah kejuruan kita memanfaat kecanggihan teknologi yang ada di smartphone dengan megadakan ujian sekolah berbasis android,”ujarnya

“Sementara siswa yang tidak memiliki smartphone tetap bisa ikut try out dengan memanfaatkan komputer. Tapi pengerjaannya sama berbasis android,” jelas Zulkarnain.

Ia melanjutkan, sistem android ini selain lebih memudahkan para siswa untuk mengerjakan soal, dengan menggunakan aplikasi ujian di smartphone para siswa juga tidak bisa melakukan kecurangan. Sebab selain soal-soal yang diacak, para siswa juga tidak bisa membuka aplikasi pencarian google.

“Paket datanya kami sudah matikan semua, jadi ketika login pengerjaan soal mereka tidak bisa membuka aplikasi apapun selain aplikasi ujian, Nah dari hasil try out inilah kita bisa melihat sebatas mana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal ujian nasional nanti, ” ujarnya.

Peserta try out ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII yang terdaftar di DPU dengan jumlah 926 siswa dengan 9 Kejuruan dan 8 paket keahlian. (hasan basri).

 

sumber : WIDEAZONE.COM dengan perbaikan

Beri nilai konten ini  
Responsive image