Gelar Japanese Hairstylist Training, SMKN 9 Bandung Datangkan Hairstylist dari Jepang

oleh Apriliyadi 776

Bandung—Sebanyak delapan penata rambut dari Negeri Sakura unjuk gigi di depan siswa jurusan kecantikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Bandung dalam gelaran Japanese Hairstylist Training, Senin, (21/1/2019) di SMKN 9 Bandung. 

Dalam pelaksanannya, SMKN 9 Bandung bekerja sama dengan majalah kecantikan Jepang, Coiffure De Paris Japon. Selain itu, ditargetkan 800 pelanggan yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, baik dari kalangan siswa maupun warga. 

Kegiatan tersebut diharapakan mampu meningkatkan kompetensi siswa dan menjadi bahan studi banding seputar ilmu penataan rambut karena mengetahui ilmu penataan rambut secara luas langsung dari ahlinya. 

“Selain meningkatkan kompetensi siswa secara teknis di bidang kecantikan, kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa asing siswanya,” Edy Purwanto, Kepala SMKN 9 Bandung.

Edy Purwanto melanjutkan bahwa selain peningkatakan kompetensi dan bahasa, etos kerja masyarakat Jepang itu perlu dicontoh karena kedisplinannya adalah salah satu hal yang harus kita teladani.

Sebanyak 64 siswa dilibatkan langsung dalam kegiatan yang diadakan selama 8 hari agar mampu belajar seputar teknis pemangkasannya serta mengenal karakter orang Jepang dan mencontohkan kedisiplinannya.

Melalui kegiatan ini, Edy berharap siswa SMKN 9 Bandung mampu menangkap dan mempraktikan ilmu yang telah diberikan. Selain itu, dirinya juga berharap peserta didiknya dapat menimba ilmu langsung ke Jepang melalui program pertukaran pelajar. 

“Harapannya ke depannya juga siswa kita mampu belajar langsung ke Jepang,” tambahnya.

Siswa Girang, Hairstylist Jepang juga Belajar

Deananda Alfionita, siswa SMKN 9 Bandung, mengakui melalui kegiatan ini dirinya mendapatkan pelajaran, seperti seputar teknik penataan rambut dan pelayanan kepada pelanggan. 

“Seperti cara mengeringkan rambut, ternyata ada banyak metodenya, lalu mereka juga lebih interaktif, murah senyum, jadi lebih nyaman ke pelanggannya,” jelas Dea.

Di sisi memberi pengetahuan baru tentang penataan rambut kepada siswa, kegiatan ini juga memberikan manfaat bermanfaatkan bagi hairstylist Jepang untuk meningkatkan kompetensinya.

“Melalui program ini, kami bisa meningkatkan levelnya, dari senior hairstylist menjadi top hairstylist, karena salah satu syaratnya mereka harus mengenal dan menata berbagai macam rambut orang,” ucap Kyoto Koto, Direktur Utama Coiffure De Paris Japon.

 

Sumber : Diolah dari berbagai sumber


 

Beri nilai konten ini  
Responsive image