Pertamina Kembangan Pembinaan pada 4 SMK di Kota Malang agar Siap Dalam Dunia Kerja

Oleh: Rizky Setiawan · Selasa, 11 Desember 2018 10.45 · 942

Bagikan

Solo - Pertamina Lubricants meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melibatkan 4 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terpilih di wilayah Malang Raya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Indsutri (BLKI) Singosari Malang dan dihadiri oleh 60 peserta dari SMK 1 Muhammadiyah Kota Malang, SMK 7 Muhammadiyah Gondanglegi, SMK 6 Malang dan SMK Putra Indonesia.

Ratna Haifa, Assistant HR dan GA Sales Region V PT Pertamina Lubricants mengatakan, tujuan diadakannya program ini ialah untuk mengimplementasikan kurikulum pendidikan yang selaras dengan kebutuhan industri kerja.

"Kita ingin siswa-siswi SMK ini bisa bersaing di dunia kerja," ucapnya senin (10/12/2018).

Menurutnya, ada empat pembinaan yang akan nantinya akan diberikan kepada siswa-siswi SMK tersebut, diantaranya ialah product knowlwdege, entrepreneur, wirausaha dan marketing.

Dengan soft skill tersebut, Ratna berharap para siswa bisa lebih mengenal dunia industri atau dunia kerja

"Setidaknya mereka tahu mengenai dunia industri, dan mereka sudah punya bekal untuk saat ini," ucapnya.

Dari kerjasama yang dilakukan oleh Pertamina dengan empat SMK tersebut, nantinya akan membahas terkait dengan Enduro Student Program

Di tahun 2017 lalu, Pertamina Lubricants telah membina sebanyak 40 peserta yang terdiri dari 32 siswa dan 8 guru pendamping.

Sedangkan di tahun ini, jumlah peserta bertambah sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 52 SMK dan 8 guru pendamping.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Pertamina Training & Consulting, Iswina Dwi Yunanto menjelaskan, peserta yang mengikuti pelatihan akan diberikan wawasan agar dapat mendalami dan menggali potensi softskill guna bersaing di dalam dunia kerja industri.

"Kami berharap, setelah mereka mendapatkan program magang, bisa dijadikan sebagai bekal di dalam dunia kerja," ucapnya.

Dwi menambahkan, kegiatan ini akan berfokus kepada character building, creative thinking, capacity building kewirausahaan dan marketing.

"Karena di sekolah tidak ada soft skill yang diberikan, maka kami akan memberikan itu agar mereka nanti bisa siap setelah lulus sekolah," ujarnya.



Sumber: Tribunews.com

Bagikan

#PetuahPetuah

Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan.

Tan Malaka