SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kembali Menang Kompetisi Film Tingkat Nasional

oleh Rizky Setiawan 303

Jakarta - SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kembali mencatatkan diri sebagai pemenang dalam ajang kompetisi film. Kali ini dari acara yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, Gelar Karya Film Pelajar (GKFP).

Kompetisi film dokumenter dan fiksi itu terbuka untuk seluruh pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Indonesia. Film Sari yang disutradarai oleh Fajar Hilmi Fatahillah berhasil menjadi Film Fiksi Terpilih 2.

Film pendek berdurasi 12 menit ini menceritakan tentang seorang anak yang malu memiliki kakek yang menjadi pengamen meskipun sebenarnya dia sangat menyayanginya.

Kepala SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Arief Joko Suryadi, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya agas prestasi ini.

“Alhamdulillah, kemenangan di tingkat nasional seperti ini adalah modal kami untuk melangkah lebih pasti, memantapkan diri sebagai SMK perfilman, jurusan baru yang kami buka tahun 2018,” katanya, Minggu (25/11).

Gelar Karya Film Pelajar menerima 314 film, 242 di antaranya adalah film fiksi. Proses penyaringan dilakukan mulai dari tahap seleksi administrasi sampai dengan pemilihan 12 finalis yang diundang ke Jakarta. Mereka diundang mulai tanggal 22-24 November 2018 untuk mempresentasikan karyanya dan mengikuti kegiatan lokakarya, diskusi film, serta malam penganugerahan di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud Senayan Jakarta. Para juri terdiri dari tokoh-tokoh perfilman Indonesia diantaranya Christine Hakim dan Reza Rahardian.

Ke depan, siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen diharap bisa memberikan karya baru dalam dunia pefilman, terutama di kalangan pelajar.

 

Sumber: malangvoice.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image