Program SMK 4 Tahun Perdalam Keterampilan Lulusan

oleh Rizky Setiawan 536

Jakarta - Program SMK 4 tahun memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan SMK 3 tahun. Program SMK 4 tahun selain menguatkan pendidikan di SMK, juga mampu memperdalam keterampilan siswa dalam mempersiapkan lulusan memasuki dunia usaha dan dunia industri.

Hal ini yang menjadi inti dari Workshop Pendampingan Proses Metode Pembelajaran dan Penilaian Program SMK 4 Tahun yang digagas oleh SMKN 9 Bandar Lampung, di Hotel Kurnia 2 Bandar Lampung, Rabu (14/11/2018).

Sebagai pemateri pada worshop itu berasal dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan, Mangatur Sitohang dan Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Teguh Irianto.

Mangatur mengatakan, Program SMK 4 tahun merupakan tantangan bagi SMK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional memberikan pilihan kepada SMK untuk mengembangkan kompetensi keahlian melalui program 4 tahun.

Namun sebelum itu dilaksanakan, menurut Mangatur sarana prasarana pendidikan, seumber daya manusia, dan sinergi dengan dunia usaha dan dunia industri terlebih dahulu disiapkan SMK.

“Program SMK 4 tahun baru diluncurkan Kemendikbud tahun lalu dan tahun ini memasuki tahun kedua. Program ini merupakan pilihan SMK dalam mengembangkan kompetensi siswa,” ujar Mangatur.

Menurut Mangatur, manfaat didapat pada program SMK 4 tahun sangat banyak, selain kompetensi lulusan meningkat, lulusan akan memperoleh sertifikat kompetensi dari pemerintah dan dunia industri di tempat melakukan praktik bekerja.

“Program 4 tahun yaitu pendidikan dilakukan di sekolah dan industri. Di tahun ke-4 siswa penuh melakukan belajar di industri selayaknya orang yang bekerja. Lulusan pula akan memperoleh sertifikat dari pemerintah dan industri sebagai bekal memperoleh pekerjaan,” kata Mangatur.

Kemudian Teguh Irianto mengatakan, program SMK 4 tahun di Lampung akan terus dikembangkan. Menurut dia, program itu mampu menguatkan sistem pendidikan SMK serta memperdalam keterampilan siswa dalam bekerja.

“Kami akan terus mendorong SMK agar mampu mengembangkan kompetensi keahlian dengan melaksanakan program SMK 4 tahun. Kendati program SMK 4 tahun adalah pilihan sekolah, namun program ini sudah mulai dilirik SMK, salah satunya SMKN 9 Bandar Lampung telah menjalankannya,” ujar dia.

 

Sumber: Lampungpos.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image