Coaching Pendampingan Revitalisasi SMK

oleh Pretty Pangaribuan 1.152

Jakarta, 30/Juli/2018  - Dalam rangka implementasi Instruksi Presiden No. 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia, Direktorat Pembinaan SMK melaksanakan kegiatan Coaching Pendampingan SMK Pelaksana Program Revitalisasi yang dilaksanakan di Golden Boutique Hotel.

Kegiatan Coaching Pendampingan SMK Pelaksana Program Revitalisasi tahun 2018  memberikan pembekalan kepada para pendamping yang akan memberikan pendampingan ke 219 SMK program Revitalisasi.

Kegiatan pendampingan program revitalisasi SMK melibatkan stakeholder pendidikan, antara lain perguruan tinggi, DU/DI, P4TK, dan LP3TK. Tujuan pendampingan adalah memberikan masukan dan mengarahkan SMK untuk mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing unggul dalam persaingan kerja secara nasional maupun global. 

"Tim pendamping bersama-sama dengan SMK memprioritaskan program revitalisasi sehingga sekolah memiliki keunggulan berbasis potensi wilayah dan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan kebutuhan industri", tutur Hamid Muhammad, Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Kegiatan ini dilakukan untuk : 

  • menyiapkan dan memastikan setiap SMK yang direvitalisasi  mempunyai keunggulan output dan outcome yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelum revitalisasi,
  • menyusun Peta Jalan Revitalisasi SMK jangka menengah (2019-2024) bagi SMK yang belum memilikinya,
  • memperkuat dan memperluas kerja sama antara sekolah dengan DU/DI, Perguruan Tinggi, dan/atau Pemerintah Daerah yang berlandaskan pada prinsip link and match.
  • menyusun dan mengimplementasikan Prosedur Operasional Standar dalam tata kelola penyelenggaraan pendidikan kejuruan di SMK,
  • membangun citra SMK di masyarakat melalui media masa.

Pelaksanaan Pendampingan SMK Program Revitalisasi SMK dibagi dalam 2 tahap, masing-masing dilaksanakan dalam 5 (lima) hari kerja. Pelaksanaan pendampingan tahap 1 akan mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 2018, sedangkan tahap 2 pada bulan Oktober – November 2018.

Metode coaching pendampingan akan dilaksanakan dalam bentuk panel untuk materi umum dan forum group discussion (FGD) untuk materi berdasarkan bidang keahlian yang akan dipimpin oleh P4TK sesuai bidang masing-masing.

"Semoga dengan diadakan nya kegiatan ini siswa/i SMK dapat menyusun strategi dan pendekatan yang optimal dalam pelaksanaan pendampingan sesuai dengan mekanisme program revitalisasi", kata Dr. Ir. M. Bakrun, M.M selaku Direktur Pembinaaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Beri nilai konten ini  
Responsive image